Jangan Tertipu, Perhatikan Hal Penting ini Sebelum Kamu Menggunakan Layanan Pinjol

Jangan Tertipu, Perhatikan Hal Penting ini Sebelum Kamu Menggunakan Layanan Pinjol

Sebelum melakukan Pinjol, Baca terlebih dulu Syarat dan Ketentuan, Ketahui Reputasi Flatform jasa layanan.-freepik/pressfoto-

INFORADRAR. ID - Pinjaman Online (Pinjol), kata ini mungkin sangat lumrah bagi kebanyakan orang, atau bahkan menjadi salah satu penggunanya. 

Tanpa harus bertemu secara langsung dengan penyedia jasa, orang dengan sangat mudah melakukan transaksi Pinjol untuk mendapatkan sejumlah uang dengan jaminan yang telah disepakati. 

Tapi yang harus diingat, sebelum melakukan transaksi Pinjol ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar tidak menyesal kemudian. 

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan layanan Pinjol:

1. Ketahui Reputasi Penyedia Pinjol 

Sebelum memilih jasa Pinjol tertentu, terlebih dahulu riset tentang reputasinya. Cari ulasan balik dari pengguna sebelumnya, serta pastikan bahwa penyedia jasa Pinjol tersebut dapat dipercaya. Hindari pinjol dengan reputasi buruk atau praktek yang meragukan.

2. Baca Syarat dan Ketentuan dengan Teliti

Sebelum melakukan Pinjol, bacalah syarat dan ketentuan yang tertera. Jangan terburu-buru menyetujui pinjaman tanpa terlebih dulu  membaca syarat dan ketentuannya.

Pastikan memahami dengan jelas persyaratan pinjaman, termasuk tingkat bunga, biaya administrasi, dan tenggat waktu pembayaran. Hal ini bisa membantu menghindari hal yang tidak menyenangkan di kemudian hari.

BACA JUGA:Punya Pinjaman Pinjol, Paylater, dan Leasing Apakah Bisa Mengajukan KUR BRI 2023?

3. Pahami Biaya dan Kewajiban

Sebelum menandatangani perjanjian pinjaman, pastikan pahami semua biaya yang terkait. Tinjau dengan cermat besaran pinjaman, bunga, dan biaya lainnya. Dan tinjau kira-kira apakah anda mampu melunasinya dengan waktu yang telah disepakati. 

4. Keamanan Transaksi Online

Pastikan situs web atau aplikasi pinjol yang kamu gunakan memiliki sistem keamanan yang kuat. Jangan memberikan informasi pribadi  pada platform Pinjol yang tidak aman. Periksa apakah situs layanan Pinjol tersebut menggunakan protokol keamanan atau tidak, seperti keamanan HTTPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: