Jangan Panik, Ini Dia Penyebab Siklus Haidmu Tidak Teratur

Jangan Panik, Ini Dia Penyebab Siklus Haidmu Tidak Teratur

Periode menstruasi yang telat.-freepik/@redgreystock-

INFORADAR.ID – Sudah tahu belum? Berikut merupakan beberapa alasan siklus haid kamu tidak beraturan setiap bulannya.

Menstruasi atau yang kerap disebut juga dengan haid adalah siklus bulanan normal di mana perempuan akan mengalami pendarahan di area vagina.

Tubuh kamu akan mempersiapkan kehamilan dengan memproduksi sel telur dari indung telur di setiap bulannya atau yang disebut dengan proses ovulasi.

Jika sel telur yang dihasilkan tidak dibuahi, sel telur ini jatuh bersama darah di lapisan dalam dinding rahim dan meleleh, sehingga darah akan keluar dari area vagina.

Namun terkadang banyak para perempuan yang mengalami siklus haid yang tidak lancar yang disebabkan oleh beragam faktor.

Berikut merupakan beberapa faktor yang menyebabkan siklus haid kamu terganggu, sehingga akan berdampak tidak lancar di setiap bulannya.

1. Hormon yang Tidak Seimbang

Menstruasi yang tidak teratur sering kali disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada keadaan tubuh yang sedang kurang baik. 

Faktor-faktor seperti stres, sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan penyakit tiroid dapat mengganggu keseimbangan hormon, sehingga dapat menyebabkan siklus yang tidak dapat diprediksi.

BACA JUGA:Menstruasi Tidak Teratur? Coba Konsumsi 7 Makanan Ini

2. Stres dan Gaya Hidup

Kehidupan modern dan serba instan ini dapat mengganggu siklus menstruasi yang akan dialami oleh para perempuan. 

Stres kronis, kurang tidur dan aktivitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur di setiap bulannya.

Gaya hidup yang kurang baik, tanpa memperhatikan pola hidup yang sehat, dikhawatirkan menjadi salah satu penyebab yang sangat signifikan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: