Waspada, Anak Muda Rawan Diabetes

Waspada, Anak Muda Rawan Diabetes

-website RSPUD Kariadi-

INFORADAR,-Penyakit diabetes atau biasa dikenal dengan nama kencing manis, merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia.

Menurut data dari Institude for Health Metrics and Evaluation bahwa diabetes merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi ke 3 di Indonesia tahun 2019 yaitu sekitar 57,42 kematian per 100.000 penduduk.

Penyakit diabetes adalah penyakit kronis jangka panjang dan sulit di sembuhkan. Penyakit ini terjadi karena kondisi tubuh yang sudah tidak bisa lagi menampung kadar gula yang begitu tinggi sehingga gula didalam darah tidak bisa di metabolisme.

Salah satu penyebab diabetes semakin marak adalah karena pola hidup yang buruk, konsumsi gula yang tinggi pada kehidupan sehari-hari serta konsumsi makan yang tidak sehat.

Pada saat ini, anak muda beranggapan bahwasanya diabetes hanya menimpa orang tua saja. Mereka tidak menyadari akan bahaya diabetes yang mengintai mereka. 

Statemen diatas bisa dibenarkan jika para anak muda menerapkan hal-hal berikut ini. Berikut ini adalah cara agar terhindar dari diabetes: 

Banyak-banyak mengkonsumsi buah dan sayur 

Menurut penelitian besar baru-baru ini di eropa, mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 66 gram dapat menurunkan resiko terjangkit diabetes sebesar 25%. Hal demikian bisa terjadi karena kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada buah dan sayur membuat kita bisa menekan resiko terjangkit diabetes. 

 

Tingkat aktivitas fisik seperti berolahraga 

Berolahraga 30 menit sehari atau 150 menit seminggu dapat menekan kadar insulin kita menjadi lebih sensitif dan seimbang, sehingga dapat menekan resiko kita terjangkit diabetes. 

Selain itu, manfaat berolahraga juga dapat membuat kita lebih seneng, relax, menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas tidur dan dapat mengatur tekanan darah.

 

Kurangi mengkonsumsi gula dan garam 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: