Hal-hal yang Akan Terjadi Pada Organ Tubuh Ketika Melakukan Olahraga

Hal-hal yang Akan Terjadi Pada Organ Tubuh Ketika Melakukan Olahraga

seseorang yang sedang melakukan olahraga--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Olahraga adalah segala bentuk aktivitas fisik yang dilakukan secara kompetitif atau santai. Kegiatan Olahraga biasanya ditujukan untuk mempertahankan atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik, sekaligus memberikan efek relaksasi bagi yang berolahraga dan hiburan bagi yang menonton. 

Tubuh yang bugar dan sehat adalah dambaan setiap orang. Semua orang juga tahu bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan. Namun pernahkah Anda memikirkan proses apa yang terjadi di Tubuh Anda saat berolahraga?

Saat kita olahraga tentu, kita melihat bahwa tubuh kita tidak hanya membakar lemak dan keringat. Menurut ilmu pengetahuan, berikut adalah 7 hal yang terjadi pada tubuh Anda jika Anda berolahraga.

1. Jantung

Aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan peredaran darah hingga 35%. Saat Anda aktif, panas yang dihasilkan oleh otot meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda merasa hangat. 

Jantung Anda akan mulai berdetak lebih cepat, memompa lebih banyak darah ke otot yang Anda gunakan. Pikiran Anda juga merupakan otot. Jika Anda aktif dan berolahraga secara teratur, jantung Anda akan menjadi lebih besar dan kuat.

BACA JUGA:Catat, Ini Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan di Musim Penghujan

2. Paru-paru

Mereka membutuhkan lebih banyak oksigen, sehingga otot Anda bekerja lebih keras. Anda mulai bernapas lebih cepat sehingga darah Anda bisa mendapatkan lebih banyak oksigen dari paru-paru Anda. Paru-paru bekerja lebih keras untuk menyadari hal ini.

3. Sel darah

Aktivitas fisik baik untuk penderita diabetes. Jika Anda menderita diabetes tipe 2, Anda mungkin memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah Anda karena Anda tidak memiliki cukup insulin.

Aktivitas fisik akan membantu Anda menggunakan insulin yang Anda miliki. Ini juga membantu sel menggunakan glukosa bahkan tanpa adanya insulin.

4. Otak

Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan daya ingat dan perhatian. Seiring waktu, area otak yang terlibat dalam menghafal dan belajar bertambah besar (hipokampus).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: