Ini Dia 10 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Dietmu Sehari-hari

Ini Dia 10 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Dietmu Sehari-hari

Beberapa jenis makanan sehat yang cocok untuk diet. -pixabay/@silviarita-

5. Sayuran Berwarna Oranye (Wortel, Ubi Jalar, Cukini)

Sayuran berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, dan labu kaya akan beta-karoten, antioksidan kuat dan prekursor vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan tulang, rambut, kulit, kekebalan tubuh, dan kesehatan mata, termasuk pencegahan rabun senja.

6. Buah dan sayuran merah

Buah dan sayuran merah kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan A juga tinggi akan serat makanan. Warna merah cerahnya juga disebabkan oleh fitokimia seperti likopen yang dikenal untuk melawan kanker.

BACA JUGA:Tips Diet Sehat Anti Stres, Kurangi Nafsu Makan dengan Cara Berikut

7. Stroberi

Stroberi rendah karbohidrat, sangat rendah kalori dan kaya akan serat (karena banyak biji kecilnya), vitamin C dan antioksidan penangkal penyakit seperti senyawa antosianin yang terdapat pada blueberry.

Isilah perlengkapan pangan dan kebutuhan pokok Anda dengan buah beri beku saat buah beri segar sedang tidak musim.

8. Gandum

Gandum gandum utuh mengandung serat larut beta-glukan yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan gula darah. 

Gunakan untuk memulai hari Anda dengan semangkuk bubur, tuangkan di atas yoghurt, tambahkan segenggam pada smoothie atau gunakan sebagai pengisi yang sehat.

9. Yoghurt Alami atau Yunani

Yoghurt alami atau yoghurt Yunani adalah sumber protein dan kalsium yang sangat baik, penting untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang sepanjang hidup. Selalu pilih yang tanpa pemanis dan carilah yang mengandung bakteri aktif (probiotik).

10. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, yang penting untuk pembentukan kolagen dan bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka juga kaya akan flavonoid dengan sifat anti-inflamasi dan anti-kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: