Selain Enak, Ternyata Buah Mangga Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Loh

Selain Enak, Ternyata Buah Mangga Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Loh

buah mangga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan--Freepik @jcomp

INFORADAR.ID - Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Hal ini tak lepas dari rasanya yang enak, manis, dan mudahnya buah Mangga diolah menjadi berbagai macam hidangan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain lezat, ada beberapa fakta menarik tentang manfaat mangga bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya berkaitan dengan nilai gizi mangga yang tinggi. Apa saja fakta menarik tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mangga merupakan sumber mineral tembaga dan asam folat yang baik bagi kesehatan tubuh. Nutrisi ini sangat penting selama kehamilan. Hal ini karena asam folat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Berkat kandungan nutrisinya yang kaya, mangga merupakan salah satu makanan sehat yang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Tapi apa saja fakta kesehatan menarik yang harus Anda ketahui tentang mangga? Mari kita jelaskan di sini: 

Vitamin, mineral dan antioksidan yang ditemukan dalam mangga memberikan manfaat kesehatan yang penting. Sebagai contoh, vitamin K secara efektif pembekukan darah dan membantu mencegah anemia.

BACA JUGA:Bunda Wajib Coba, Ini Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil dan Janin

berikut ini beberapa manfaat buah mangga yang baik bagi kesahatan tubuh anda

1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A berisiko menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan kulit dan jaringan epitel rambut, menjaganya agar tetap lembab dan sehat.

Selain vitamin A, buah-buahan kuning menyediakan sekitar 75% dari kebutuhan vitamin C harian. Kombinasi vitamin A dan C sangat penting bagi tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein khusus yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah keriput dan kendur dini.

2. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi makanan manis sering kali meningkatkan kadar gula darah. Namun, hal ini tidak berlaku pada mangga. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di Oklahoma State University, kadar gula darah turun ketika orang yang kelebihan berat badan makan mangga untuk sementara waktu. Para partisipan diminta untuk makan 10 gram mangga kering setiap hari, yang setara dengan sekitar setengah mangga segar.

3. Potensi pencegahan kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Texas AgriLife Research, ekstrak polifenol dari mangga ditemukan dapat menghambat perkembangan sel kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: