Tips untuk Mencegah Masalah Kesehatan Kulit dan Tubuh Selama Musim Hujan

Tips untuk Mencegah Masalah Kesehatan Kulit dan Tubuh Selama Musim Hujan

Potret musim hujan di kota--freepik @rorozoa

INFORADAR.ID - Musim hujan memiliki dampak penting bagi kesehatan kulit dan tubuh manusia. Di satu sisi, hujan membantu membersihkan udara dari polusi dan menurunkan suhu yang tinggi.

Tetapi di sisi lain, musim hujan juga dapat memperburuk beberapa masalah kesehatan kulit dan tubuh seperti infeksi saluran pernapasan dan kulit. Kelembapan yang tinggi dan suhu yang rendah selama musim hujan meningkatkan risiko pilek, batuk, dan flu. Selain itu, hujan juga dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri pada permukaan yang lembab seperti dinding dan furnitur. Hal ini membuat Anda lebih rentan terhadap alergi dan gangguan pernapasan.

Selain itu, banjir yang sering terjadi saat musim hujan dapat memperburuk kondisi kesehatan kulit dan tubuh manusai. terutama bagi orang yang tinggal di daerah yang sering terkena banjir. Air banjir dapat terkontaminasi kuman dan bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi kulit dan saluran pencernaan serta infeksi serius seperti leptospirosis. 

Selain itu, banjir juga dapat mengganggu sanitasi dan mempercepat serta menyebarkan penyebaran penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar selama musim hujan. 

Berikut adalah 10 tips untuk melindungi kesehatan tubuh dan kulit Anda selama musim hujan:

1. Makanlah makanan dengan nilai gizi yang tinggi

Cobalah untuk mengonsumsi makanan seimbang yang tinggi vitamin dan mineral. Fokuslah pada makanan kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, kiwi dan brokoli, dan makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, sayuran hijau dan kuning, serta kacang-kacangan.

BACA JUGA:Musim Hujan Telah Tiba, Siapkan Dirimu Sebelum Melakukan Aktivitas di Luar Rumah

2. Tidur yang cukup

Selama musim hujan, istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap prima.

3. Olahraga teratur.

Berolahragalah secara teratur dan aktif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Olahraga membantu menjaga sirkulasi darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Cuci tangan Anda secara teratur

 Selama musim hujan, bakteri dan virus lebih mudah menyebar. Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air hangat setidaknya selama 20 detik, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: