Menikmati Sunset di Kampung Mati Sinday Waduk Karian Lebak yang Mendadak Jadi "Kampung Wisata"

Menikmati Sunset di Kampung Mati Sinday Waduk Karian Lebak yang Mendadak Jadi

Warga menikmati sunset di Kampung Mati Sinday Waduk Karian Lebak, Minggu, 22 Oktober 2023. Foto : Kiriman warga/Istimewa--

INFORADAR.ID --- Kampung Sinday, Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak yang merupakan bagian Waduk Karian mendadak jadi "Kampung Wisata". Minggu, 22 Oktober 2023 misalnya, menjadi objek wisata dadakan menyusul keberadaan Waduk Karian yang mulai diairi dan kemudian menenggelamkan Kampung Sinday.

Pasalnya, beberapa minggu lalu, kampung tersebut masih tampak layaknya kampung pada umumnya. Namun kini, satu persatu bangunan rumah (yang tidak dibongkar oleh pemiliknya) mulai tenggelam.

Oleh banyak warga, Kampung Sinday disebut sebagai kampung mati Sinday

Minggu, 22 Oktober 2023 sekira pukul empat sore, warga menyerbu lokasi kampung mati tersebut untuk menyaksikan detik-detik terakhir tenggelamnya kampung tersebut, sekalian menikmati matahari tenggelam atau sunset. 

Permukaan air Waduk Karian yang makin tinggi, membuat Kampung Sinday tenggelam perlahan. Namun, sebagian rumah masih ada yang terlihat. Sementara di ufuk barat, matahari kian turun dan kemudian tenggelam di balik bumi. Momen tersebut sungguh indah dan menarik warga untuk menikmatinya. 

Salah seorang warga Kampung Sinday, Sopuan Sauri mengatakan bahwa kedatangan warga karena antusias ingin melihat indahnya senja yang ada kampung mati Sinday.

"Sebelum ini memang banyak warga yang datang, tapi hari ini lebih ramai karena mungkin akhir pekan," kata Sopian, Minggu 22 Oktober 2023 sebagaimana dilansir dari laman radarbanten.co.id.

Bendungan atau Waduk Karian, yang merupakan bendungan ketiga terbesar di Indonesia, saat ini sudah mulai diairi sejak 29 September 2023 lalu. Menurut rencana, waduk tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2023 mendatang. 

Cakupan Waduk Karian meliputi lima wilayah kecamatan di Lebak. Yaitu Kecamatan Rangkasbitung, Sajira, Cimarga, Kalanganyar dan Maja.

Kelak, waduk ini juga menjadi sumber air baku bagi sebagian wilayah Banten dan DKI Jakarta. Serta untuk pengairan teknis persawahan di sekitarnya dan sumber pembangkit listrik tenaga air. 

 

Reporter: Nurandi

Editor: M Widodo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: