Berkunjung ke Wisata Baduy, Melihat Telatennya Perempuan Baduy Membuat Tenun

Berkunjung ke Wisata Baduy, Melihat Telatennya Perempuan Baduy Membuat Tenun

Perempuan Baduy saat menenun di Kampung Kadu Ketug, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Nurandi-

INFORADAR.ID - Tenun Baduy merupakan salah satu cirikhas dan budaya masyarakat Baduy, khususnya kaum perempuan. Tenun Baduy dibuat dengan proses bahan dari alam dan menggunakan cara tradisional yang dibuat dalam waktu dua sampai tiga hingga tergantung ukuran dan kerumitannya.

Tenun Baduy bahannya berasal dari alam Baduy, benang pada tenun diambil dari pohon kapas yang kemudian akan dibuat menjadi benang dengan alat pemintal yang disebut dengan gedogan/raraga.

Pembuatan tenun Baduy hingga saat ini masih bisa kita temui, umumnya Pembuatan tenun Baduy hanya dilakukan oleh kaum perempuan Baduy. Dari proses hingga menjadi kain tenun yang indah.

Rata-rata perempuan Baduy diajari membuat tenun sejak kecil, jadi tak aneh walau diusia yang masih beli perempuan Baduy sangat telaten dalam menciptakan sebuah tenun.

Untuk wisatawan yang datang ke Baduy bisa melihat perempuan Baduy yang ada disetiap rumahnya sedang melakukan aktivitas membuat tenun. Motif tenun Baduy beragam denga cirikhas warna hitam dan biru tua.

Tenun Baduy merupakan salah satu pakaian dan identitas bagi masyarakat Baduy. Keberadaan tenun juga melambangkan nilai-nilai adat masyarakat Baduy yang hingga saat ini masih mempertahankan dan menjaga budayanya.

Kain tenun ini sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Baduy khususnya lingkungan keluarga, karena menenun merupakan salah satu kearifan lokal dan menerapkan nilai-nilai kedisiplinan bagi kaum perempuan Baduy.

Harga tenun Baduy cukup beragam dari harga kain ukuran kecil Rp 30-50 ribu hingga Rp 300-600 ribu tergantung dengan ragam motif dan ukuran dari satu kain tenun.

Lokasi Baduy cukup dekat, dari Kota Rangkasbitung bisa ditempuh dengan 1,5 jam perjalanan. Untung datang kesana bisa menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Masuk area wisata Baduy anda hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jadi tunggu apalagi isi waktu liburan untuk berkunjung ke Baduy melihatnya telatnya perempuan Baduy membuat tenun. (*)

BACA JUGA:Uniknya Jembatan Akar Baduy, Salah Satu Spot Ikonik Bagi Wisatawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: