Agar Mobil Listrik Lebih Awet, Ikuti 5 Langkah Mudah Cara Merawatnya Agar Dompet Aman

Agar Mobil Listrik Lebih Awet, Ikuti 5 Langkah Mudah Cara Merawatnya Agar Dompet Aman

5 Langkah Mudah Cara Merawat Mobil Listrik--freepik/ user6702303

INFORADAR.ID - Kini banyak orang kini beralih dari mobil bensin ke mobil listrik. Berikut ini adalah cara merawat mobil listrik agar lebih awet.

Alasan banyaknya pengguna mobil listrik adalah untuk mencegah pemanasan global selain itu mobil listrik memiliki perawatan yang lebih murah. Banyak produsen mobil yang kini mulai memproduksi mobil listrik.

Mobil listrik, seperti halnya mobil bensin, membutuhkan perawatan agar dapat bertahan lebih lama. Namun, perawatannya berbeda dengan mobil bensin. 

Mobil listrik memang memiliki perawatan yang minimal. Hal ini dikarenakan mesin tidak memiliki komponen penggerak yang mengalami kerusakan akibat usia.

Namun, memiliki perawatan yang minim tetap dapat menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, berikut ini  bagaimana cara merawat mobil listrik Anda agar lebih awet.

BACA JUGA:5 Mobil Listrik Murah dari Wuling Punya Desain Minimalis Cocok untuk Anak Muda

1. Jaga Kapasitas Baterai Mobil

Salah satu komponen utama adalah baterai. Oleh karena itu, aki harus dijaga dengan menjaga kapasitas daya tidak di bawah 40 persen. 

Jika kendaraan jarang digunakan, harap memeriksanya secara teratur tujuannya adalah untuk mengetahui berapa banyak daya yang tersisa di baterai setidaknya setiap tiga bulan.

Demikian pula, daya maksimum yang disarankan untuk pengisian daya adalah ketika baterai mencapai kapasitas 80-90 persen.

Pengisian daya yang terlalu sering hingga mencapai 100 persen dapat menyebabkan kendaraan listrik mogok dan merusak baterai sebelum waktunya.

2. Buat Jadwal Pengisian Baterai

Selain mempertahankan kapasitas daya baterai tidak kurang dari 40%, jadwal pengisian daya baterai juga harus ditetapkan. 

Hal ini untuk memastikan bahwa tegangan daya baterai tidak turun, karena penurunan tegangan daya dapat memperpendek masa pakai baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mypertamina.id