Fun Fact Tentang Kopi, Bisa Bikin Dehidrasi

Fun Fact Tentang Kopi, Bisa Bikin Dehidrasi

ilustrasi kopi shop-istock-

INFORADAR.ID - Berikut indormasi mengenai fun fact tentang kopi yang bisa bikin dehidrasi. Nyatanya, mengkonsumsi kopi tidak hanya bisa membuat kita terjaga dimalam hari, namun juga bisa membuat dehidrasi.

Kopi adalah minuman yang begitu akrab bagi banyak orang di seluruh dunia. Selain menyediakan dorongan kafein yang sangat dibutuhkan, kopi juga memiliki banyak fakta menarik yang membuatnya menjadi topik yang menarik untuk dibahas. 

Biji kopi mengandung berbagai jumlah kafein tergantung pada jenisnya. Biji Arabika biasanya mengandung sekitar 1-1,5% kafein, sedangkan Robusta dapat mencapai 2,2-2,7%.

Kebanyakan orang mengasosiasikan kopi dengan efek sebagai peningkat energi yang mengurangi kantuk. Ini karena kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan alami yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi rasa kantuk. Kafein bekerja dengan menghalangi reseptor adenosin di otak, yang bertanggung jawab untuk menyebabkan kantuk dan kelelahan.

Meskipun demikian, respons individu terhadap kafein dapat bervariasi. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein daripada yang lain, dan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan, gemetaran, atau bahkan masalah tidur. Selain itu, efek kafein cenderung bersifat sementara, dan setelah beberapa jam, rasa kantuk bisa kembali.

Jadi, meskipun kopi adalah stimulan yang efektif untuk sementara waktu, kantuk akhirnya akan datang kembali. Penting untuk menggunakan kafein dengan bijak dan tidak mengandalkannya sebagai pengganti tidur yang cukup dan berkualitas.

BACA JUGA:Cara Agar Tetap Terjaga Tanpa Kopi, Nomor 7 Favorit Semua Orang

Tapi jarang diketahui, Kopi juga memiliki sifat diuretik, yang berarti bahwa minum kopi dapat meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan kehilangan cairan dan membuat orang merasa seperti mereka sedang mengalami dehidrasi. Namun, penting untuk memahami beberapa poin terkait dengan minum kopi dan dehidrasi:

1. Efek Individual

Respon terhadap kopi bisa bervariasi antara individu. Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap efek diuretik dari kopi daripada yang lain. Kebanyakan orang dapat minum secangkir atau dua kopi sehari tanpa mengalami masalah dehidrasi yang signifikan.

2. Pengaruh Kuantitas

Konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, terutama dalam waktu yang singkat, bisa menyebabkan efek diuretik yang lebih kuat. Penting untuk menjaga asupan kafein dalam batas wajar.

3. Penggantian Cairan

Jika Anda minum kopi, sebaiknya Anda juga minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari untuk mengganti cairan yang mungkin hilang akibat efek diuretik kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: