Sejarah Kopi, dari Arab Hingga ke Brazil, Ngopi Dulu Lur

Sejarah Kopi, dari Arab Hingga ke Brazil, Ngopi Dulu Lur

ilustrasi sejarah kopi.-Jessica Lewis-pexels.com

INFORADAR.ID - Kopi adalah minuman seduhan yang diperoleh dengan menyangrai biji Coffea arabica dan Coffea canephora, semak cemara dari genus Coffea.

Kata kopi dalam bahasa Inggris berasal dari kata koffie dalam bahasa Belanda, sedangkan kata kopi dalam bahasa Turki kemudian dipinjam dari kata qahwa dalam bahasa Arab (kependekan dari qahhwat al-bun). Teori lain mengatakan bahwa kopi Turki berasal dari kata Arab qahā, yang berarti 'kurang nafsu makan'.

Ada berbagai legenda tentang bagaimana minum kopi dimulai, dengan asal-usul yang berasal dari abad ke-13. Seorang mistikus sufi Yaman, Ghotul Akbar Nooruddin Abou al-Hasan al-Shadhili, ketika melakukan perjalanan ke Ethiopia, mengamati burung-burung yang memiliki vitalitas yang tidak biasa.

Dia mencoba buah-buahan yang dimakan burung-burung itu dan merasakan energi yang sama. Legenda lainnya adalah tentang Omar, seorang murid Syekh Abu'l-Hasan Shadhili.

BACA JUGA:Situs Batu Tulis Muruy, Objek Wisata Sejarah Kesultanan Banten di Pandeglang Menunggu Perhatian

Omar pernah diasingkan dari Mocha ke sebuah gua di gurun dekat Wusab dan untuk bertahan hidup, ia mencoba memakan buah beri dari semak-semak dan merasa pahit. Dia kemudian mencoba memanggang biji-bijian tersebut untuk meningkatkan rasanya, namun proses pemanggangan membuat biji-bijian tersebut menjadi keras.

Jadi dia merebus biji yang sudah dipanggang untuk melunakkannya dan keluarlah cairan berwarna coklat yang harum. Omar meminum cairan ini dan merasakan energi baru yang bertahan selama berhari-hari. Ketika berita tentang 'obat ajaib' ini sampai ke Mocha, Omar diminta untuk kembali dan menjadi orang suci.

Meskipun ada legenda lain, diketahui bahwa yang pertama kali menemukan efek energi dari tanaman kopi asli adalah orang Etiopia, nenek moyang orang Oromo saat ini (kelompok etnis yang ditemukan di Etiopia, Kenya utara, dan beberapa bagian Somalia).

Bukti konkret pertama tentang minum kopi dan pengetahuan tentang pohon kopi berasal dari sebuah biara Sufi di Yaman di Arab selatan.

BACA JUGA:Tips Menghindari GERD Saat Menikmati Kopi, Buat Kamu yang Hobi Ngopi

Dari kota pelabuhan Mokha di pesisir Laut Merah, Yaman, kopi menyebar dari Mesir dan Afrika Utara ke Timur Tengah, Iran, dan Turki, hingga mencapai abad ke-16.

Dari sana, kopi menyebar ke Italia dan seluruh Eropa. Belanda membawa bibit kopi ke Hindia Timur dan kedua benua Amerika.

Kedai kopi pertama di Austria dibuka di Wina pada tahun 1683 setelah Pertempuran Wina. Kedai ini diisi dengan persediaan yang terbuat dari kantong-kantong biji kopi yang diperoleh dari rampasan perang setelah kekalahan Turki.

Di Inggris, kopi mulai tersedia pada abad ke-16 melalui impor dari Perusahaan Hindia Timur Inggris dan Perusahaan Hindia Timur Belanda. Selama periode yang sama, kedai kopi mulai dibuka di Inggris dan pada tahun 1675 terdapat lebih dari 3.000 kedai kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hystoriofcoffee.net