10 Minuman Tradisional Sejuta Manfaat Bagi Tubuh, Tak Banyak Orang Tahu

10 Minuman Tradisional Sejuta Manfaat Bagi Tubuh, Tak Banyak Orang Tahu

Minuman tradisional Indonesia--freepik/ KamranAydinov

Minuman khas Jakarta ini memiliki ciri khas aroma rempah-rempah yang kuat dan warna merah menyala. 

Terlepas dari namanya, bir ini tidak mengandung alkohol. Bir ini mengandung campuran rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, serai, adas, cengkeh, cabai dan kapulaga. 

Pedas, aromatik, dan menghangatkan, bir pletok mengandung antioksidan yang tinggi dan dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mengobati flu ringan.

8. Bajigur

Minuman khas nusantara berikutnya adalah bajigur khas Jawa Barat. Minuman ini merupakan minuman penghangat yang terbuat dari gula aren, santan, jahe dan aneka rempah-rempah. 

Agar lebih nikmat, kolang kaling atau roti tawar sering ditambahkan ke dalam bajigur. Berkat sifatnya yang menghangatkan, bajigur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

BACA JUGA:Sejuta Manfaat Berkebun, Aktifitas yang Memberikan Pelajaran Kehidupan

9. Teh Sari Sarang Semut

Minuman yang tak kalah unik dan menarik adalah teh sari sarang semut dari Sorong Selatan di Papua Barat Daya. 

Minuman dengan nama yang unik ini terbuat dari tanaman umbi-umbian yang digunakan sebagai sarang semut. Minuman ini memiliki rasa yang lebih kuat dari teh pada umumnya.

Teh sari sarang semut mengandung polifenol dan flavonoid yang tinggi. Teh ini efektif untuk mengatasi menstruasi, migrain dan tekanan darah tinggi.

10. Brem Bali

Yang terakhir adalah minuman tradisional Bali yang sering disajikan pada upacara-upacara Hindu Bali. Brem Bali merupakan minuman dengan kadar alkohol 9-25%. 

Minuman tradisional ini dibuat melalui proses fermentasi ketan hitam dan membutuhkan waktu satu hingga enam bulan untuk menghasilkan Brem Bali yang sempurna. 

Jadi itulah 10 minuman tradisional Indonesia yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://kemenparekraf.go.id/