10 Minuman Tradisional Sejuta Manfaat Bagi Tubuh, Tak Banyak Orang Tahu

10 Minuman Tradisional Sejuta Manfaat Bagi Tubuh, Tak Banyak Orang Tahu

Minuman tradisional Indonesia--freepik/ KamranAydinov

INFORADAR.ID - Tak hanya memiliki makanan yang lezat, Indonesia juga memiliki minuman tradisional Indonesia yang terkenal karena khasiatnya dalam menjaga daya tahan tubuh.

Hal ini karena minuman trandisional Indonesia terbuat dari bahan-bahan alami, termasuk rempah-rempah.

Selama berabad-abad, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika berbagai minuman tadisional yang diproduksi di nusantara memiliki cita rasa yang lezat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut 10 jenis minuman tradisional yang baik untuk kesehatan.

1. Wedung Uwuh

Berasal dari Yogyakarta, minuman ini memiliki rasa yang manis dan hangat disertai dengan aroma rempah-rempah yang sangat menyenangkan. 

Uwuh berarti "sampah" dalam bahasa Jawa, yang berarti minuman ini terbuat dari dedaunan dan rempah-rempah yang menyerupai sampah. 

Minuman khas nusantara ini mengandung antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu, minuman ini dapat menyegarkan tubuh, mengatasi masuk angin dan melancarkan peredaran darah.

BACA JUGA:5 Bahan Alami Penumbuh Rambut Botak Menggunakan Bumbu Dapur

2. Kawa Daun

Minuman khas nusantara yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Dalam bahasa Minang, "kawa" berarti kopi. 

Jadi, kawa daun adalah minuman khas yang terbuat dari daun kopi kering dengan kayu manis dan gula. Sekilas minuman ini menyerupai teh, namun memiliki aroma dan rasa kopi yang kuat. 

Fakta yang menarik adalah kawa daun dapat menurunkan kolesterol darah dan mengurangi risiko diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi pada kawa daun.

3. Teh Talula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://kemenparekraf.go.id/