Jokowi: Fungsi KCJB untuk Layani Masyarakat dengan Cepat, Bukan Soal Untung dan Rugi

Jokowi: Fungsi KCJB untuk Layani Masyarakat dengan Cepat, Bukan Soal Untung dan Rugi

Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan keterangan pers usai peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh, Senin, 2 Oktober 2023, di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Foto: Humas Setkab/Rahmat -----

INFORADAR.ID --- Keberadaan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh adalah untuk melayani masyarakat dengan cepat. Dan, itulah fungsi dari KCJB, yang merupakan transportasi massal. Bukan soal untung dan rugi.

Hal itu ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers usai meresmikan KCJB di Stasiun Padalarang, Jawa Barat, Senin, 2 Oktober 2023.

Terhitung Presiden Jokowi sudah menggunakan KCJB sebanyak tiga kali. Dan, yang ketiga kemarin, Jokowi naik dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta, menuju Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. 

"Jadi, yang paling penting rakyat dilayani dengan baik, rakyat dilayani dengan cepat karena fungsi transportasi massal itu di situ, bukan untung dan rugi,” kata Jokowi di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id. 

Sesudah mencoba menggunakan atau naik  KCJB sebanyak tiga kali, Presiden menilai bahwa perjalanan selalu terasa nyaman dan cepat. Jokowi menyebut, belum ada evaluasi setelah menggunakan moda transportasi kereta cepat tersebut.

"Sata ini kan sudah tiga kali, rasanya sama, cepat, nyaman. Waktunya 29 menit dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang, sama, dua kali 29 menit terus,” lanjutnya. 

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk menciptakan sistem transportasi massal terintegrasi, termasuk kereta cepat yang diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya agar efisien dan efektif. 

"Integrasi itu yang terus kita usahakan. Antara kereta cepat dengan LRT dengan MRT, dengan TransJakarta, dengan moda transportasi bandara, semuanya, dengan KRL, semuanya, plus kemarin kita lihat di pameran mungkin dengan moda aplikasi, semuanya,” tambahnya. 

Menurut Presiden, bahwa keberadaan moda transportasi kereta cepat dapat menjadi salah satu opsi untuk memudahkan mobilitas masyarakat. Jokowi menyebut, masyarakat masih dapat mencoba KCJB secara gratis sampai dengan pertengahan Oktober 2023 nanti. 

Sebelumnya diberitakan, dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) hingga MRT Jakarta dipamerkan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat, 29 September 2023. 

Pameran tersebut merupakan bagian dari capaian perkembangan sektor transportasi Indonesia dalam 10 tahun terakhir ini.

Selain 

Selain Kereta Cepat Jakarta Bandung dan MRT Jakarta, turut dipamerkan juga Gojek, Prestige Image Motocars, Pertamina, hingga BookCabin. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat, 29 September 2023 berkesempatan meninjau sejumlah stand yang menampilkan capaian sektor transportasi dalam 10 tahun terakhir itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: