3 Desa di Banten Raih Pengahargaan Desa Wisata Indonesia Terbaik dari Kemenparekraf

3 Desa di Banten Raih Pengahargaan Desa Wisata Indonesia Terbaik dari Kemenparekraf

Desa wisata Indonesia terbaik di Banten menurut Kemenparekraf--instagram @trip_baduy

Desa Cikolelet terletak di kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, Banten.

Berikut 4 poin yang menjadikan Desa Cikolelet sebagaia Desa Wisata Indonesia Terbaik tahun 2021 oleh Kemenparekraf

1. Tradisi Budaya

Pawai budaya, Tradisi Budaya Nggurah Dano, tradisi Prahprahan, Ngayun/Marhabaan, Tradisi budaya bertutur/mamaca, Nukuh dan Ngiring Panganten dan Moro (Berburu binatang  Hama tanaman)

2. Kesenian Tradisional

Seni Calung, Kendang Pencak Silat, Seni Rudat, Rampak Qasidah, Kasidah dan Marawis

3. Objek Wisata Alam dan Buatan

Kampung Ekraft (Kampung Kopi), Puncak Cibaja, Puncak Pilar, Air Terjun Curug Lawang, Air terjun Curug Kembar, Jembatan Pelangi Ciraab dan Jalur/Track Sepeda gunung dan Motor trail

4. Ekonomi Kreatif dan Kuliner

Produksi Susu Kambing Etawa, Budidaya Telur Puyuh,Budidaya Jamur Tiram, Pembuat Emping Melinjo,Produksi Kopi Lokal(Robusta Karuhun), Penyulingan Minyak Sereh pengrajin Relief Taman dan Pot, Makanan Ceplis, Dendeng ikan Lele dan Limbat, makanan olahan berbahan Jamur tiram dll

Desa Sukarame

Selain memiliki Pantai Desa Wisata Sukarame juga memiliki hutan, air terjun, sungi, pesawahan dan perkebunan. juga sebagai Rehabilitasi Trumbu Karang yang ada di kecamatan Carita.

dan satu hal yang menarik di Desa Wisata Sukarame memiliki  tujuan minat wisata khusus yaitu, Birding Tour atau wisata pengamatan burung yang terletak di Hutan Carita yang meliputi lebih dari 50 ha.

karena letaknya berhadapan langsung dengan selat sunda, Sukarame juga memiliki tujuan wisata sejarah yang ada relasinya dengan kejadian tsunami Gunung api krakatau 1883.

Di samping itu Sukarame memiliki 2 pantai tujuan utama di pantai carita. Yaitu pantai Karang sari dan pantai Sea park Perum perhutani. Padu padan atraksi Budaya yang kami memiliki (dzikir saman) menambah hazanah pengayaan ragam Budaya sebagai salah satu keunikan dan daya tarik wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id