Penadah Ginjal Korban TPPO Diduga Rumah Sakit Militer, Tim Polri Kesulitan Lakukan Pengusutan

Penadah Ginjal Korban TPPO Diduga Rumah Sakit Militer, Tim Polri Kesulitan Lakukan Pengusutan

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi menyebut rumah sakit tempat penadah ginjal korban TPPO adalah rumah sakit militer. Foto: Tangkapan layar PMJ News/ Fajar -----

INFORADAR.ID ---- Polda Metro Jaya mengungkap bahwa Rumah Sakit Preah Ket Mealea, Phnom Penh, Kamboja, yang menjadi lokasi kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) penjualan ginjal jaringan Bekasi-Kamboja merupakan rumah sakit militer. Hal tersebut, menyulitkan Tim Satgas Polri mengusut kasus TPPO

"Jadi Rumah Sakit Preah Ket Mealea di Phnom Penh, Kamboja, itu merupakan rumah sakit militer," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi, Sabtu, 22 Juli 2023. 

Hengki mengungkap, karena lokasi penjualan ginjal merupakan rumah sakit militer, menjadi kesulitan tersendiri bagi Tim Gabungan Polri yang terdiri antara lain dari Divhubinter maupun Polda Metro Jaya untuk mengusut kasus TPPO tersebut. 

"Kami bentuk Tim Gabungan Satgas Polri dengan Kadivhubinter, Bareskrim Polri, bagaimana tugas kita, pertama menyelamatkan atau mencegah agar tidak terjadi transplantasi tersebut," kata Hengki sebagaimana dilansir dari laman PMJ News. 

Diketahui, Tim Satgas Polri berhasil menyelamatkan 2.149 orang terkait kasus TPPO.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada mengatakan, Tim Satgas Polri tersebut dibentuk pada 10 Juni 2023 lalu, diketuai oleh Wakabareskrim Irjen Asep Edi Suheri. Dan, dijalankan oleh seluruh Polda.

"Tim Satgas Bareskrim sampai dengan 19 Juli 2023, telah menerima 699 laporan dan telah menangkap 829 tersangka dan menyelamatkan sedikitnya 2.149 korban," kata Kabareskrim. 

Menurut Kabareskrim, keberhasilan Tim Satgas Polri mengungkap kasus TPPO adalah berkat informasi dari masyarakat. "Sehingga apabila ada masyarakat yang mengetahui adanya informasi dari manapun, tolong dapat diinformasikan kepada Polri tentunya di wilayah Polsek, Polres ataupun juga langsung ke Mabes Polri," katanya.

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: