Sejarah Bus DAMRI dari Zaman Jepang Hingga Jadi Transportasi Umum Pemerintahan

Sejarah Bus DAMRI dari Zaman Jepang Hingga Jadi Transportasi Umum Pemerintahan

Sejarah Bus DAMRI dari Zaman Jepang Hingga Jadi Transportasi Umum Pemerintahan-Tangkapan Layar Laman damri.co.id-

INFORADAR.ID - Pengguna setia angkutan umum pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bus DAMRI. Angkutan umum yang satu ini masih menjadi favorit sejak dahulu.

Ternyata bahkan ada lho sejarah bus Damri dari zaman Jepang hingga sekarang menjadi transportasi umum pemerintahan. Sejarahnya ada dalam artikel ini.

Pengoperasian bus Damri telah tertulis dalam Peraturan Pemerintahan. Mulai dari angkutan kota, logistik, bahkan sampai Angkutan Lintas Batas Negara.

Berikut adalah beberapa segmen dari pengoperasian angkutan Damri:

1. Angkutan Kota

Adalah angkutan bus seperti Transjakarta yang melayani perjalanan jalur perkotaan bus reguler maupun Bus Rapid Transit. Ada 18 kantor cabang yang tersebar.

2. Angkutan Antar Kota

Angkutan antar kota tersebar di seluruh Indonesia dengan 33 kantor cabang. Dibagi ke dalam 2 kategori, AKDP (antar kota dalam provinsi) dan AKAP (angkutan kota antar provinsi).

3. Angkutan Lintas Batas Negara

Angkutan ini khusus untuk jalur trayek Pontianak tujuan Kuching (Malaysia) dan tujuan Bandar Seri Bagawan (Brunei). Saat ini dalam proses mempersiapkan rute ke negara Timor Leste dan Papua Nugini.

4. Angkutan Bandara

Angkutan bus Damri khusus bandara ini memiliki 25 kantor cabang yang terdiri dari 598 armada dari 90 trayek. Ada Angkutan Shuttle Inter Terminal dan angkutan Apron airport.

5. Angkutan Travel/Pariwisata

Angkutan ini terdiri dari bus besar dan minibus yang melayani pariwisata. Angkutan ini juga beroperasi untuk mengantar Tenaga Kerja Indonesia ke Bandara Soekarno Hatta atau mengantarnya kembali ke daerah asal TKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: damri.co.id