Pengindelan, Teknologi Canggih Penjernihan Air Kesultanan Banten

Pengindelan, Teknologi Canggih Penjernihan Air Kesultanan Banten

Pengindelan, peninggalan teknologi canggih pada masa Kesultanan Banten-youtube.com/@rinndakece-

INFORADAR.ID - Mungkin anda tidak terlalu familiar dengan Pengindelan ini. Bahkan mungkin banyak di antara anda yang tidak tahu apa arti dari Pengindelan.

Tahukah anda, jika ada 3 Pengindelan yang merupakan peninggalan masa kesultanan Banten. Pengindelan tersebut merupakan teknologi canggih yang ada pada masa itu.

Pengindelan adalah sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat penampungan dan penjernih air pada masa kesultanan Banten.

Bangunan yang memiliki teknologi canggih pada masanya itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan air keluarga Sultan dan warga Kesultanan Banten.

Inilah sedikit sejarah mengenai Pengindelan yang dirangkum INFORADAR.ID dari berbagai sumber.

Bangunan yang berfungsi sebagai tempat penampungan dan penjernihan air tersebut dibangun oleh arsitek berkebangsaan Belanda yang merupakan seorang mualaf, Lucas Cardeel.

Tiga Pengindelan yang dibangun oleh Lucas Cardeel tersebut diberi nama Pengindelan Abang, Pengindelan Putih dan Pengindelan Emas.

Ketiga Pengindelan tersebut digunakan untuk menampung serta menjernihkan air dari danau Tasikardi. Dan saat ini Pengindelan telah menjadi situs sejarah Banten.

Eksplorasi mengenai tiga Pengindelan tersebut dilakukan pula oleh YouTuber Rin Ndakece. Pada unggahan videonya tersebut, YouTuber cantik ini menelusuri dan memberikan informasi seputar Pengindelan.

Luas bangunan Pengindelan ini mencapai 95,425 meter dengan panjang bangunan 17,35 meter, lebar 5,50 meter, tinggi 1,40 meter dan dengan tebal dinding 80 sentimeter.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pengindelan adalah tempat penampung dan penjernihan air yang canggih pada masa Kesultanan Banten.

Fungsi dari Pengindelan pada masa Kesultanan Banten tersebut mirip dengan metode filterisasi air pada masa sekarang.

Filterisasi air adalah proses penyaringan atau pemurnian air untuk menghilangkan kontaminan dan partikel-partikel yang tidak diinginkan.

Proses ini dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas air, penjernihan air, menghilangkan bau dan rasa yang tidak sedap, serta mengurangi risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh kontaminan dalam air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: