Kebiasaan Menggigit Kuku? Coba Hilangkan dengan Cara Ini! Nomor Dua Bisa Bermain Lato-lato

Kebiasaan Menggigit Kuku? Coba Hilangkan dengan Cara Ini! Nomor Dua Bisa Bermain Lato-lato

Sumber foto: Pinterest/lookdujour.ca--

INFORADAR.ID – Menggigit kuku merupakan salah satu kebiasaan buruk loh, mungkin kalian juga ada yang punya kebiasaan itu.

Kebiasaan menggigit kuku biasanya muncul pada masa kanak-kanak bahkan sampai remaja hingga dewasa.

Jika kita mempunyai kebiasaan menggigit kuku, maka akan muncul infeksi bahkan nyeri pada lapisan dasar yang nantinya akan membentuk kuku jari.

Kalau sudah menjadi kebiasaan, bagaimana yah cara mengatasi agar kita tidak menggigit kuku lagi? 

Dilansir dari akun Instagram @kemdikbud.ri bahwa ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kebiasaan menggigit kuku.

1. Cari tahu mengapa kamu melakukan kebiasaan tersebut

Ketika kita sudah menyadari atau mengetahui apa saja yang dapat memicu kita untuk melakukan kebiasaan menggigit kuku, ambil jeda dan lakukan latihan pernafasan, tarik nafas dan coba alihkan dengan melakukan hal yang lain.

2. Ganti dengan kebiasaan yang baru

Kebiasaan baru yang dapat kita lakukan untuk mengalihkan kebiasaan menggigit kuku yaitu bisa dengan mengunyah permen karet atau memainkan sesuatu dengan tanganmu. Seperti stress ball, memainkan bolpoin bahkan bermain lato-lato. Kebiasaan sederhana seperti itu bisa kita lakukan untuk mengalihkan kebiasaan menggigit kuku.

3. Jaga kuku tetap pendek 

Cara yang terakhir yaitu menjaga kuku tetap pendek. Ketika kita rutin merawat atau memotong pendek kuku, maka kita sudah melakukan upaya agar menghindari kebiasaan menggigit kuku. 

Jika kuku kita pendek, maka apa yang akan digigit? Oleh karena itu jangan sampai kita membiarkan kuku kita sampai panjang atau bahkan kotor.

Daripada kita menggigit kuku, lebih baik kita melakukan hal yang lebih bermanfaat atau melakukan permainan tangan yang kita sukai.

Permainan tangan yang dapat dilakukan seperti bermain yo-yo, menulis, bahkan bermain lato-lato dengan catatan kita melakukannya di waktu yang tepat. Jangan sampai kita bermain lato-lato di tengah malam, bahaya bisa terjadi perang hebat antar tetangga. (Nia GenRB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: