Fakta Unik Latto-latto, Permainan Tradisional yang Kembali Viral

Fakta Unik Latto-latto, Permainan Tradisional yang Kembali Viral

Dokumentasi Instagram @dolanmagetan: Sedang viral permainan lato-lato yang banyak digandrungi oleh anak-anak ketika liburan tiba--

INFORADAR.ID - Muncul kembali permainan tradisional Latto-latto yang viral baru-baru ini di berbagai media sosial tanah air. Latto-latto merupakan permainan tradisional yang bisa dimainkan kalangan remaja, anak-anak bahkan orang dewasa. 

Latto-latto berasal dari Amerika dengan sebutan Clankers yang ada sejak tahun 1960. Sebutan Latto-latto diambil dari bahasa Bugis, sedangkan dari bahasa Makassar disebut dengan Katto-katto dan dari Jawa disebut dengan Etek-etek. 

Manfaat Bermain Lato-lato

Meski permainan Lato-lato terlihat mudah untuk dimainkan, akan tetapi permainan ini juga memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Berikut manfaat yang didapatkan bagi anak-anak:

1. Bisa mengurangi anak-anak dalam bermain game online.

2. Bisa membuat anak lebih mengenali dunia permainan nya dengan teman-teman. 

3. Melatih keseimbangan.

4. Melatih fokus.

Latto-latto terbuat dari bahan kaca yang keras, sehingga tak jarang bisa melukai para pemain nya bahkan jika terbanting, Latto-latto dapat pecah dan bisa mengenai tubuh seseorang. Harga Lato-lato sendiri bervariatif dilihat dari salah satu e-commerce harga lato-lato berkisar Rp3.000 hingga Rp24.000.

Cara bermain Lato-lato

Ketika melihat orang memainkannya, terlihat sangat mudah, namun saat dimainkan cukup sulit,  Adapun hal yang harus diperhatikan saat memainkannya yaitu dengan menggoyangkan dan menyeimbangkan dua bola Lato-lato agar saling berbenturan. Berikut cara memainkan Lato-lato:

1. Seimbangkan latto-latto yang sudah ditangan anda.

2. Jepit tali bagian atas dengan jari.

3. Goyangkan Latto-latto kearah atas dan bawah dan jangan biarkan Latto-latto anda berhenti atau meleset. Goyangkan tangan terus hingga Lato-lato saling beradu dan menimbulkan bunyi seperti "Tek-tek-tek". Kunci terpenting dalam memainkan Lato-lato yaitu tetap menjaga keseimbangan bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: