Lato-lato, Mainan Jadul yang Booming Lagi

Lato-lato, Mainan Jadul yang Booming Lagi

Foto: Ido/Gen RB--

INFORADAR.ID - Lato-lato sekarang sedang viral di kalangan bocil alias bocah cilik. Tapi, permainan tradisional ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu.

Mungkin lato-lato di zaman dulu enggak seramai seperti sekarang ini, karena belum ada sosial media yang mampu mempublikasikan video ataupun foto. Beda hal nya dengan zaman sekarang yang banyak sosial media seperti tiktok, instagram, youtube dan sebagainya.

Dengan beredarnya video yang bermain lato-lato di sosial media ternyata itu membuat hobi baru permainan anak-anak loh, tetapi tidak hanya anak-anak saja yang bermain lato-lato, tapi orang dewasa juga. 

Sebenernya permainan ini sempat populer di Indonesia pada era 1990 an. Penyebutan namanya pun berbeda-beda di masing-masing wilayahnya. Seperti ada yang menyebut nok-nok. Nama itu berasal dari suara yang dihasilkan dari dua bola yang diadu.

Kalau di luar negeri, biasa disebut clackers, click-clacks, knockers, dan masih banyak lagi. Permainan ini ternyata dulunya terinspirasi dari alat perang zaman dulu.

Sebelumnya lato-lato terbuat dari bahan kaca pelastik yang mudah pecah. Namun kini produsen mengubahnya dengan bahan plastik yang padat dan keras.

Kini lato-lato viral di kalangan anak-anak dan remaja. Bahkan Presiden Joko Widodo pun pernah memainkannya seperti yang diunggah oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya pada 27 Desember 2022.

Saat itu, Jokowi sedang mengunjungi Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jokowi mencoba memainkan Lato-lato meskipun tidak mahir memainkannya.

Permainan lato-lato ini malah lebih mahir dimainkan oleh anak-anak. Salah satunya bocah yang mahir memainkan Lato-lato yakni Lord Arnold. Ia sampai  diundang untuk acara televisi nasional dan dipanggil artis-artis untuk mengisi di kanal youtube nya. 

Hal itu lah yang membuat lato-lato viral, sehingga banyak anak-anak memainkannya. Lord Arnold mengaku mampu memainkan Lato-lato dengan otodidak atau tanpa belajar ke orang lain. (Ido GenRB)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: