Inilah Daftar 17 Rumah Sakit Penyedia Obat Fomepizole untuk Gagal Ginjal Anak

Inilah Daftar 17 Rumah Sakit Penyedia Obat Fomepizole untuk Gagal Ginjal Anak

Obat Fomepizole. Foto: --- Dok Kemenkes-----

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Obat Fomepizole yang berfungsi untuk antidot (penawar) kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) pada anak penderita gagal ginjal akut telah diterima Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sebanyak 87 persen Fomepizole merupakan donasi dari negara lain untuk penawar bagi penderita gagal ginjal akut pada anak. Obat tersebut diberikan secara gratis kepada penderita gagal ginjal akut. 

Nah, saat ini salah satu rumah sakit yang menyediakan Fomepizole untuk terapi pengobatan penderita gagal ginjal akut pada anak (GGAPA) yakni rumah sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). 95 persen pasien anak di RSCM menunjukkan  perkembangan yang terus membaik selama mendapatkan terapi yang berarti efikasinya baik dalam memberikan kesembuhan dan mengurangi perburukan gejala.

“Fomepizole menjadi bagian dari terapi pengobatan, dan diberikan secara gratis kepada pasien. Kami tidak lakukan komersialisasi obat,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Muhammad Syahril dalam keterangannya, Sabtu (5/11/2022) sebagaimana dikutip dari laman PMJ News 

Syahril menegaskan, Fomepizole dibagikan gratis dan tidak dikomersialkan. “Saya ulangi, tidak ada komersialisasi obat, tujuannya semata mata untuk keselamatan anak indonesia,” tegasnya.

Sebanyak 246 vial Fomepizole yang sudah tiba di Indonesia, 146 vial Fomepizole sudah didistribusikan kepada 17 rumah sakit di 11 provinsi Indonesia, sementara 100 vial menjadi buffer strok pusat.

17 Rumah Sakit di Indonesia yang sudah menerima distribusi Fomepizole yakni:

1. RSUD Zainoel Abidin, Aceh

2. RSUP Prof Dr. I.G.N.G. Ngoerah, Bali

3. RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta

4. RSAB Harapan Kita, Jakarta

5. RSUP Fatmawati, Jakarta

6. RSCM Jakarta

7. RSUP Hasan Sadikin, Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: