Airin Kandidat Gubernur Banten dari Golkar, Pengamat: Langkah Tepat

Airin Kandidat Gubernur Banten dari Golkar, Pengamat: Langkah Tepat

Airin Rachmi Diany kandidat gubernur Banten dari Partai Golkar.-Dok. Golkar Banten -



SERANG, INFORADAR.ID - Peneliti pemilu dari Kantor Lembaga Survei Stratak Indonesia, Octarina Soebardjo menilai, langkah Partai Golkar Banten menurunkan Airin Rachmi Diany sebagai kandidat Gubernur Banten pada Pilkada 2024 sudah tepat.

Menurut Octarina, Airin sosok terkenal. Namun Airin tetap masih harus turun melakukan sosialisasi dan aktif menyapa masyarakat di delapan kabupaten/kota di Banten. Apalagi, Airin dinilai punya kekuatan di wilayah Tangerang. Yakni, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

"Kalau Airin rajin turun ke grassroots, saya pastikan dia akan unggul dalam banyak hal. Dia berpengalaman dalam pemerintahan, cukup punya prestasi, politisi partai tingkat nasional,  politisi perempuan terpandang, muda, cantik, pintar, lincah dan ramah,” ujarnya kepada media, Minggu, 31 Juli 2022.

Dua pekan lalu, Partai Golkar Banten memunculkan nama Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur Banten.

Ketua DPD Golkar Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah menjelaskan, keputusan ini merupakan respons dari aspirasi kader Partai Golkar yang ingin partai politik berlambang pohon beringin ini menang di semua tingkatan pilkada serentak tahun 2024.

Bahkan Ratu Tatu sebagai kakak ipar Airin memberikan sinyal bahwa keluarga besar mereka merespons baik aspirasi kader Golkar tersebut.

Secara terpisah aktivis Forum Pemerhati Pemilu Indonesia, Agusta Surya Buana menilai, Airin maju di Pilgub Banten akan menambah kuota pemimpin perempuan di level provinsi.

Saat ini hanya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parwansah, satu-satunya gubernur perempuan yang ada di Indonesia.

"Kita dorong agar kesetaraan gender tidak hanya hiasan di bibir. Para caleg perempuan harus maju di pileg. Demikian juga para figur perempuan yang mumpuni harus turun di pilkada. Saya menyambut baik diturunkannya Airin di pilkada Banten 2024, karena dia potensial terpilih," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: