Pilgub Banten Segera Hadir, Ini Kriteria Cagub Menurut Mahasiswa UIN SMH Banten

Pilgub Banten Segera Hadir, Ini Kriteria Cagub Menurut Mahasiswa UIN SMH Banten

-Lydia-

INFORADAR,- Dengan semakin dekatnya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten telah menyuarakan pandangan mereka mengenai kriteria calon gubernur yang ideal. Mereka menyampaikan beberapa kriteria utama yang diharapkan dapat menjadi panduan bagi para pemilih dalam menentukan pilihan pemimpin yang pantas untuk Banten.

Mita, mahasiswi UIN SMH Banten jurusan Komunikasi Penyiaran Islam asal Kota Serang, menyampaikan pandangannya terkait kriteria Gubernur Banten untuk ke depannya. Menurutnya, seorang pemimpin harus memiliki empat sifat seperti yang dimiliki oleh Rasulullah yakni Sidiq, Amanah, Tablig, serta Fathanah. 

"Sidiq berarti jujur, amanah berarti dapat dipercaya, tablig berarti menyampaikan, dan fathanah berarti bijaksana. Jika calon gubernur tidak memiliki keempat sifat tersebut, maka menurut saya, dia tidak termasuk kriteria pemimpin yang baik untuk Banten ini," ucap Mita saat diwawancarai inforadar, pada Selasa 14 Mei 2024.

Di tempat yang sama, Tiara, mahasiswi UIN SMH Banten asal Lebak, mengungkapkan seorang Gubernur Banten yang ideal baginya harus mementingkan rakyatnya terlebih dahulu daripada urusan pribadinya, kemudian lebih melihat lagi pada sektor pendidikan di wilayahnya. 

"Idealnya seorang pemimpin adalah bagaimana dia dapat memposisikan rakyatnya di atas urusan pribadinya. Sebagai mahasiswa melihat di sekeliling lingkungan saya yang masih minim pendidikan. Pemimpin Banten ke depannya harus dapat memfokuskan lagi pada pendidikan. Masih banyak anak-anak yang tidak bisa bersekolah karena terhalang biaya," ungkapnya.

Tiara juga menyebutkan sosok kriteria idaman calon gubernur baginya, pertama harus bisa mementingkan rakyat, kedua mau menampung aspirasi rakyat, ketiga amanah dalam menjalankan visi misi, dan keempat kerjanya terlihat nyata untuk masyarakat.

Lebih lanjut, Enjat seorang mahasiswa UIN SMH Banten Jurusan Hukum Tata Negara asal Kabupaten Serang memberikan tanggapannya terkait kriteria Gubernur Banten ke depannya. Baginya, Seorang pemimpin harus memiliki visi misi dan menyesuaikan dengan wilayahnya agar dapat membawa Banten ke arah yang lebih baik.

"Visi misi harus terealisasikan, yang terpenting seorang pemimpin harus memiliki sikap jujur. Meskipun kejujuran adalah hal sepele bagi sebagian orang, tetapi bisa memberikan dampak besar. Contoh halnya seperti mencegah korupsi yang dapat memperlambat pembangunan daerah," ujarnya.

Ketiga mahasiswa UIN SMH Banten ini memiliki harapan yang sama. Bahwa kriteria-kriteria yang mereka sampaikan dapat menjadi acuan bagi masyarakat Banten dalam memilih calon gubernur yang terbaik. 

Dengan didasarkan atas kesadaran dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, diharapkan terpilihnya pemimpin yang amanah dan mampu membawa perubahan positif bagi provinsi Banten. 

Mereka sama-sama menekankan pentingnya memilih pemimpin yang benar-benar peduli pada rakyat, jujur, dan mampu mengayomi masyarakat dengan bijaksana. 

 

Penulis : Lydia Khaerani 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: