Donor Darah Itu Sehat Banyak Manfaatnya, Bisa Turunkan Berat Badan Sampai Deteksi Dini Penyakit

Donor Darah Itu Sehat Banyak Manfaatnya, Bisa   Turunkan Berat Badan Sampai Deteksi Dini Penyakit

Ilustrasi: Tangkapan Layar Situs Resmi Kementerian Kesehatan--

JAKARTA, INFORADAR.ID-Menjaga kesehatan itu penting. Upaya menjaga kesehatan bisa dengan menjalankan pola hidup sehat. Juga berolahraga. Termasuk melakukan medical check-up. Itu penting untuk  mengetahui kondisi kesehatan sejak dini. 

Medical check-up tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit. Namun sebetulnya ada pilihan yang gratis. Salah satunya melalui donor darah

Seperti dikutip INFORADAR.ID  dari laman Kementerian Kesehatan, donor darah bermanfaat dapat mendeteksi penyakit serius dalam tubuh. 

Di antaranya HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Dengan donor darah sama halnya melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh secara gratis. Karena memang melakukan donor darah itu gratis. 

Selain bermanfaat mendeteksi penyakit sejak dini, donor darah juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Sebab dengan donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.

Melakukan donor darah juga dapat membantu menurunkan berat badan. Karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 mili liter darahnya. Melihat besarnya manfaat donor darah maka alangkah lebih baik dilakukan secara rutin. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: