Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Rutin Mengonsumsi Buah Naga Ternyata Sangat Dianjurkan

Minggu 21-01-2024,21:22 WIB
Reporter : Fahmi Sa'i
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Rutin mengonsumsi buah naga ternyata sangat dianjurkan. Sebab, buah hylocereus polyrhizus ini punya berbagai kandungan yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. 

Di dalam 227 gram buah naga terdapat nutrisi berupa 136 gram kalori, protein 3 gram, 29 karbohidrat, serat 7 gram, zat besi (yang memenuhi 8 persen kebutuhan harian). 

Kemudian magnesium (memenuhi 18 persen kebutuhan harian), Vitamin C (memenuhi 9 persen) kebutuhan harian dan vitamin E (memenuhi 4 persen kebutuhan harian). 

Dari kandungannya tersebut maka tak heran, buah naga punya berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaatnya: 

1. Kontrol Gula Darah

Makan buah naga merah punya manfaat dalam mengontrol kadar gula darah. Hal itu dikarenakan, buah naga punya kandungan serat dan antioksidan. Selain itu, buah naga juga diyakini dapat memperbaiki sel pankreas yang rusak serta meningkatkan kadar hormon insulin. 

Meski punya manfaat mengontrol kadar gula darah, anda tetap disarankan untuk mengonsumsi buah ini dengan porsi yang sesuai. Sebab, buah ini memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. 

BACA JUGA:Manfaat Buah Naga Selain Rasanya yang Enak Ternyata Bagus untuk Mengatur Kadar Gula Darah

2. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Mengonsumsi buah naga juga dapat meningkatkan sistem imun yang ada di tubuh kita. Sebuah penelitian di 2004 oleh Boon P Chew dan Jean Soon Park dari Department of Animal Sciences, Washington State University, menyebutkan bahwa buah naga mengandung Vitamin C dan karotenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. 

Hal tersebut dikarenakan buah naga melindungi sel darah putih dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mencegah Depresi

Buah naga punya kandungan mineral. Mineral ini punya peran penting dalam mengatur suasana hati. Rendahnya kadar magnesium sering dikaitkan dengan resiko terjadinya depresi. 

Dengan mengonsumsi buah naga merah yang kaya akan magnesium, kamu dapat mencegah depresi dan juga mengurangi gejala kecemasan. 

4. Kesehatan Usus

Kategori :