Dari Yogyakarta hingga Bali, Inilah 10 Minuman Tradisional Indonesia yang Menyegarkan dan Berkhasiat

Dari Yogyakarta hingga Bali, Inilah 10 Minuman Tradisional Indonesia yang Menyegarkan dan Berkhasiat

Minuman tradisional khas Indonesia-pixlr-instagram.com

INFORADAR.ID - Tidak hanya menawarkan aneka hidangan khas yang menggugah selera, Indonesia juga memiliki berbagai minuman tradisional yang menyegarkan dan layak untuk dicicipi.

Beberapa di antara minuman tradisional tersebut bahkan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Keistimewaan ini berasal dari penggunaan bahan-bahan alami, seperti rempah-rempah yang kaya akan khasiat.

Bagi Anda yang belum pernah merasakan kesegaran minuman tradisional khas nusantara, berikut adalah sepuluh pilihan yang sangat direkomendasikan:

1. Wedang Uwuh

Minuman asal Yogyakarta ini menyajikan rasa manis yang hangat dengan aroma rempah yang menenangkan. Dalam bahasa Jawa, "uwuh" berarti sampah, merujuk pada dedaunan dan rempah yang terkandung di dalamnya.

Wedang uwuh kaya akan antioksidan, menjadikannya mampu menyegarkan tubuh, mengatasi gejala masuk angin, dan meningkatkan peredaran darah.

Menariknya, wedang uwuh telah diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan telah menembus pasar internasional, termasuk Kanada, Jeddah, Vietnam, dan Nigeria.

BACA JUGA:Teh, Minuman Paling Populer di Dunia Setelah Air, Cek Jumlah Konsumsi Teh di Seluruh Dunia Ini

2. Kawa Daun

Minuman khas dari Padang, Sumatera Barat ini terbuat dari daun kopi kering yang dipadukan dengan kayu manis dan gula.

Dalam bahasa Minang, "kawa" berarti kopi, dan meski tampak mirip teh, aroma serta rasa kopinya sangat terasa.

Menariknya, daun kawa memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol dan risiko diabetes berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id