Pentingnya Membaca untuk Seorang Pemimpin, Cek 5 Alasan Ini

Pentingnya Membaca untuk Seorang Pemimpin, Cek 5 Alasan Ini

Ilustrasi: Pentingnya membaca untuk seorang pemimpin-Freepik.com-Freepik

Aktivitas membaca memberikan pengaruh positif bagi kesehatan otak. Membaca diketahui menghasilkan neuron baru di otak melalui proses yang disebut neurogenesis.

Ketika kita membaca, otak kita mengasosiasikan simbol-simbol abstrak, atau huruf dan kata-kata, dengan pikiran dan gambar, sehingga menghasilkan koneksi saraf yang lebih cepat antar bagian otak terkait dengan perkembangan bahasa, memori, imajinasi, dan pemrosesan sensorik.

5. Membaca meningkatkan empati dan membuka mata kamu terhadap perspektif baru 

Penulis Adam Grant mengajukan pertanyaan menarik dalam bukunya Think Again.

Artinya, mengapa kita terus mempunyai pemikiran, opini, dan keyakinan tentang dunia meskipun ada informasi baru? Apakah hal itu ada, meskipun bertentangan dengan apa yang kita yakini? Jika otak bekerja seperti sistem operasi ponsel, buku berfungsi seperti paket pemutakhiran yang meningkatkan pemahaman kamh tentang topik tertentu.

Oleh karena itu, seorang pemimpin hendaknya adalah orang yang gemar membaca. Pasalnya, ketika kamu harus melakukan pembinaan terhadap bawahan, berarti kamu selalu aktif mencari ide dan cara pandang baru yang nantinya bisa membantu kamu menerapkannya pada situasi saat ini.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa membaca itu sangat penting untuk seorang pemimpin yang harus kamu tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: