Pakai Cara Ini Agar Negosiasi Kamu Berujung Kesepakatan, Mahasiswa Wajib Tahu!

Pakai Cara Ini Agar Negosiasi Kamu Berujung Kesepakatan, Mahasiswa Wajib Tahu!

trik dan strategi negosiasi-HasbiĀ GenRB-

INFORADAR.ID - Negosiasi adalah seni mencapai kesepakatan antara dua pihak dengan tujuan menemukan titik tengah yang menguntungkan kedua belah pihak. Meski sering diasosiasikan dengan bisnis, Negosiasi dapat terjadi dalam berbagai situasi, baik dalam hubungan profesional maupun personal. 

Mempelajari trik dan strategi negosiasi dapat membuat seseorang menjadi lebih efektif dalam meraih apa yang diinginkan tanpa harus mengorbankan terlalu banyak. Untuk menjadi "raja negosiasi," ada beberapa langkah penting yang bisa diikuti. 

Langkah pertama adalah memahami definisi dasar negosiasi: mencari titik tengah antara apa yang kita inginkan dan apa yang diinginkan lawan bicara. Tidak selalu harus ada pihak yang rugi, tetapi bagaimana setiap pihak merasa mendapatkan sesuatu dari proses tersebut.

Melansir dari kanal YouTube Janson Stanley, terdapat empat langkah kunci yang bisa kamu terapkan untuk memenangkan negosiasi di berbagai situasi:

BACA JUGA:Kapan All Of Us Are Dead Season 2 Tayang? Ini Jawaban Tim Produksi

BACA JUGA:Yuk Kenali Petugas yang Terlibat dalam Pilkada 2024, Ini Tugas KPU, PPK, PPS, KPPS, dan Bawaslu

1. Mendengarkan dan Memahami Lawan Bicara

Penting untuk mendengarkan secara saksama apa yang diinginkan lawan bicara, sekaligus memahami masalah yang mereka hadapi. Ini akan memberikan data berharga yang bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan strategi negosiasi.

2. Menyatakan Ulang Masalah dan Impian Mereka

Setelah mendengarkan, penting untuk menyatakan ulang masalah dan impian mereka. Hal ini membuat mereka merasa dipahami dan lebih terbuka terhadap solusi yang kamu tawarkan.

3. Menawarkan Solusi yang Memenuhi Kebutuhan Mereka

Setelah memahami situasi mereka, saatnya menawarkan solusi yang tidak hanya memenuhi impian mereka tetapi juga menyelesaikan masalah mereka. Misalnya, menjanjikan hasil yang mereka inginkan dengan memberikan jaminan atau insentif tambahan.

BACA JUGA:Doom Spending, Tren Gen Z dan Milenial yang Bikin Miskin

BACA JUGA:Timnas Indonesia Siap Hadapi Bahrain: Agresivitas dan Kekompakan Jadi Kunci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: