Konsumsi Makanan Ini Bisa Membantu Kamu Mengatasi Sembelit, Cek Penyebabnya

Konsumsi Makanan Ini Bisa Membantu Kamu Mengatasi Sembelit, Cek Penyebabnya

Ilustrasi: Konsumsi makanan ini bisa membantu mengatasi sembelit-Freepik.com-Freepik

INFORADAR.ID- Jika kamu mengalami sembelit, kamu bisa konsumsi makanan terbaik ini untuk membantu mengatasi sembelit mu.

Jika kamu tidak buang air besar dan merasa tidak nyaman, bisa jadi penyebabnya adalah pola makan kamu. 

Nah, untuk mengetahui masalah apa yang bisa menyebabkan kamu sembelit dan makanan apa yang bisa membantu mengatasinya, kamu bisa simak dan baca artikel ini sampai akhir.

Buang air besar yang tidak teratur bisa sangat tidak nyaman, tetapi juga merugikan. Cleveland Clinic mendefinisikan sembelit sebagai buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Drakor Bertema Detektif, Dijamin Seru dan Tentunya Bikin Penasaran

BACA JUGA:4 Cara Gen Z Tetap Bahagia Tanpa Harus Keluar dari Media Sosial

Dengan begitu banyak orang yang berjuang untuk menjadi "teratur", penting untuk mencermati lebih dekat apa akar penyebab sembelit dan kemudian membuat beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup untuk mendukung pencernaan lebih baik. 


Buah-buahan-Freepik.com-benzoix

Makanan tertentu dapat membantu mengatasi sembelit atau memperburuknya. Saat mengatasi sembelit, kamu mungkin telah mencoba jus prem atau menambah asupan serat dengan biji-bijian utuh, tetapi mengurangi konsumsi produk gandum sebenarnya merupakan langkah awal terbaik jika kamu mengalami sembelit.

Penyebab utama sembelit, bahkan sembelit yang lebih parah di mana orang buang air besar setiap satu hingga tiga minggu, adalah konsumsi sesuatu yang disebut peptida opioid yang berasal dari gliadin, yaitu fragmen peptida yang dicerna sebagian yang berasal dari konsumsi produk gandum seperti roti, panekuk, atau pasta.

BACA JUGA:4 Ciri Kepribadian Orang yang Suka Balas Chat Lama, Ternyata Karena Ini

Makanan yang membantu mengatasi sembelit mengandung kadar magnesium yang tinggi. Saluran GI kamu membutuhkan magnesium untuk menarik air ke dalam usus guna mempertahankan motilitas normal.


Sayuran-Freepik.com-mdjaff

Tanpa magnesium, saluran GI kamu akan kesulitan mendorong material ke depan, yaitu sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: