5 Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik, Jangan Sampai Salah Kaprah!

5 Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik, Jangan Sampai Salah Kaprah!

Potret orang yang mengalami asam lambung naik.-freepik/@8photo-

INFORADAR.ID – Perhatikan berikut merupakan pertolongan pertama ketika kamu mengalami asam lambung naik, jangan asal bertindak, ya.

Asam lambung adalah cairan pencernaan yang diproduksi oleh lambung untuk membantu memecah makanan dan membunuh bakteri. 

Namun, ketika kadar asam lambung meningkat secara berlebihan atau asam lambung naik ke esofagus, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam. 

Kondisi ini biasanya akan dirasakan sangat tidak nyaman dan dapat berdampak pada kualitas hidup seseorang yang disebabkan karena berbagai aspe.

Naiknya asam lambung terjadi ketika asam dari lambung mengalir kembali ke esofagus, yaitu saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. 

BACA JUGA:4 Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Kulit Supaya Tetap Awet Muda

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Bisa untuk Melawan Penyakit Mematikan

Hal ini sering kali mengakibatkan sensasi terbakar di dada, yang dikenal sebagai heartburn, serta gejala lain seperti regurgitasi, nyeri tenggorokan, dan batuk kronis. 

Ketidaknyamanan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi keseimbangan produksi asam dan fungsi otot-otot di sekitar esofagus.

Penyebab asam lambung naik dapat terjadi karena mengonsumsi makanan pedas, berlemak atau asam, makan terlalu cepat atau berlebihan, obesitas, akibat kehamilan atau penyebab yang lainnya.

Adapun jika asam lambungmu naik, kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan melakukan lima langkah sebagaimana yang dipaparkan oleh creator kesehatan @dandykurnawann_ dalam unggahannya, antara lain:

1. Usahakan Duduk, Jangan Berbaring

Duduk dengan tegak dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Hindarilah posisi berbaring selama minimal 2-3 jam setelah makan.

Hal ini tentunya guna kenyamanan tubuh dan keasehatan kita, sehingga kita bisa meredakan asam lambung untuk cepat pulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: