Waspada! Ini 7 Gejala Kanker Kulit yang Harus Kamu Tahu Mulai dari Sekarang

Waspada! Ini 7 Gejala Kanker Kulit yang Harus Kamu Tahu Mulai dari Sekarang

Ilustrasi: Gejala kanker kulit yang harus kamu tahu mulai sekarang-Freepik.com-

2. Batas-batas yang tidak jelas


Ilustrasi-Freepik.com-

Perhatikan bagaimana batasnya tidak tajam, seperti tanda kecantikan pada umumnya. Pada kanker kulit, batasnya mungkin terlihat seperti "daun semanggi" atau keriput.

3. Variasi warna

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Bakso Cuanki Ayam Ala Devina Hermawan, Pecinta Bakso Wajib Simak Ini

BACA JUGA:4 Luka Emosional Paling Umum yang Menghambat Orang dalam Hidup, Salah Satunya Luka Kepercayaan?

Jika warna tahi lalat berubah dari satu area ke area lain, temui dokter kulit, karena itu bisa jadi gejala kanker kulit yang jelas.

Pigmen melanoma ini berkisar dari cokelat tua di bagian tengah hingga cokelat kecokelatan, hingga hampir merah muda di bagian tepi yang merembes ke dalam kulit. Kanker kulit juga bisa tampak hitam, putih, merah atau biru.

4. Ukuran


Ilustrasi-Freepik.com-

Melanoma biasanya berukuran lebih besar dari 6 mm, kira-kira seukuran penghapus pensil, tetapi bisa mulai berukuran jauh lebih kecil saat pertama kali didiagnosis.

Tergantung pada kedalamannya, seberapa dalam tahi lalat tumbuh di bawah kulit, itu akan menentukan prosedur pembedahan untuk mengangkatnya.

Setelah melanoma berukuran lebih besar dari satu milimeter, dokter biasanya akan mengangkat antara 1 dan 2 sentimeter di luar bintik hitam untuk memastikan semua kanker telah diangkat.

5. Tahi lalat yang berubah seiring waktu

Waspadai tahi lalat yang mulai tampak asing. Tanda-tanda kecantikan yang berkembang, berubah warna, bentuk, dan ukuran dapat menandakan melanoma. Ini adalah faktor risiko kanker kulit yang mungkin tidak kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: