Bolu Kulit Tangkil, Inovasi Olahan Unik Khas Serang

Bolu Kulit Tangkil, Inovasi Olahan Unik Khas Serang

Potret bolu kulit tangkil yang siap untuk disantap -Instagram @mirah_cooks-

Dengan ketekunan dan melalui 5 hingga 7 kali uji coba, Lenda berhasil menciptakan bolu kulit tangkil yang tidak hanya enak, tetapi juga sehat, karena diketahui dapat menjadi penawar asam urat.

“Banyak yang mengira kulit tangkil ini menyebabkan asam urat, tapi setelah saya cari tahu dan bertanya pada dokter gizi, ternyata malah sebaliknya, kulit tangkil bisa mencegah asam urat” jelasnya. 

Proses pembuatan bolu ini tidak mudah. Kulit tangkil yang digunakan harus melalui serangkaian proses seperti disortir, direndam semalaman dengan garam untuk melunakkan seratnya agar tidak menimbulkan rasa gatal di tenggorokan, direbus, kemudian dihaluskan bisa juga disimpan dalam freezer. Hal ini dilakukan karena kulit tangkil bersifat musiman dan terkadang sulit diperoleh saat harganya tinggi. 

Untuk menjaga ketersediaan bahan, Lenda bahkan bekerja sama dengan petani setempat.

BACA JUGA:Biaya Ibadah Haji Rp7,5 Triliun, Kemenag Siapkan Bus Shalawat dan Makan Sebanyak 119 Kali

BACA JUGA:6 Perilaku Positif Gen Z yang Patut Ditiru di Tempat Kerja, Ternyata Ini Loh

Bolu kulit tangkil yang dihasilkan dijual melalui Instagram @mirah_cooks dengan harga terjangkau, yaitu Rp40.000 untuk 450 gram dan Rp10.000 untuk ukuran 35 gram, sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Meski tanpa bahan pengawet, bolu ini bisa bertahan 3-4 hari pada suhu ruang. 

“Bolu ini tanpa pengawet jadi ga terlalu lama waktu simpannya, dan bolu kulit tangkil ini juga gak pake pewarna, warna asli dari kulit tangkil” pungkasnya. 

Inovasi ini menunjukkan bahwa dengan kreativitas dan semangat, sesuatu yang dianggap sepele bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan membawa nama baik daerah.

BACA JUGA:Pemerintah Desa Bulakan Gelar Karnaval, Meriahkan HUT RI ke-79 dan Bangun Semangat Patriotisme

BACA JUGA:Posisi Duduk Bisa Memperlihatkan Karakter Seseorang? Kamu Sering Melakukan yang Mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: