Intip Baju Adat yang Dikenakan oleh Jokowi dari Tahun 2017 Hingga 2024 Selama Masa Jabatnya Sebagai Presiden

Intip Baju Adat yang Dikenakan oleh Jokowi dari Tahun 2017 Hingga 2024 Selama Masa Jabatnya Sebagai Presiden

Ilustrasi pakaian adat Jokowi mulai tahun 2017 hingga 2024.-beritasatu-

Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Tanimbar, Maluku pada saat dilakukannya sidang tahunan MPPR tahun 2023 ini, dan tampil berbeda denganmengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan dari Keraton Kasunanan Surakarta pada ipacara perayaan kemerdekaan ke-78 tahun 2023 lalu.

8. Tahun 2024

Adapun pada tahun ini, tepatnya pada pelaksaan sidang tahunan MPR sekaligus sidang tahunan, Jokowi mengenakan pakaian adat khas Betawi.

Adapun untuk upacara perayaan HUT ke79, Jokowi mengenakan dua pakaian adat yang berbeda yang diambil dari daerah setempat Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan.

Pada pagi hari, upacara pengibaran bendera merah putih, Jokowi mengenakan pakaian adat Kustin, dari Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Sedangkan pada sore hari, upacara penurunan bendera merah putih, mengenakan pakaian adat Baamar Galung Pancar Matahari, sebagai pakaian yang biasa digunakan dalam acara pernikahan adat Banjar.

Itulah merupakan pakaian adat yang kerap kali digunakan oleh Jokowi pada penyambutan dan perayaan HUT RI selama masa jabatnya yang mulai dibiasakan pada tahun 2017.

Penggunaan pakaian adat oleh Jokowi selain, untuk mengenalkan warisan budaya, juga sebagai bentuk kebhinekaan yang diterapkan oleh Jokowi, sebagai pelopor penggunaan pakaian ada pada saat perayaan kemerdekaan HUT RI ini.

BACA JUGA:Upacara 17 Agustus di IKN, Menteri Sekretaris Negara Ungkap Akan Ada Rangkaian Acara Baru Ini

BACA JUGA:Upacara 17 Agustus di IKN dalam Rangka HUT RI ke-79, Rujukan Waktu Detik-detik Proklamasi Akan Ikut WIB

Aritekel ini telah tayang pada laman beritasatu.com dengan judul: Jokwi Presiden RI Paling Konsisten Perkenalkan Baju Adat di Upacara HUT RI sejak 2017 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: