Kenapa Lidah Terasa Pahit dan Berwarna Putih? Ini Cara Deteksi Penyakit dari Lidah Menurut dr Cahyono

Kenapa Lidah Terasa Pahit dan Berwarna Putih? Ini Cara Deteksi Penyakit dari Lidah Menurut dr Cahyono

Ilustrasi Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Lidah-titoikids-Pixabay

INFORADAR.ID – Kenapa lidah terasa pahit dan berwarna putih? Lidah kita bisa mengalami sensasi pahit dan perubahan warna putih sebagai indikasi masalah kesehatan. 

Dokter Cahyono menjelaskan bahwa perubahan ini sebenarnya bisa memberi petunjuk tentang kondisi tubuh secara keseluruhan. 

Penyakit tertentu seperti sariawan atau bahkan masalah pencernaan dapat tercermin melalui perubahan warna dan rasa pada lidah. 

BACA JUGA:Anti Gagal, Ikuti Resep Mudah Buat Kue Kering Lidah Kucing yang Lembut dan Renyah

BACA JUGA:Jelang HUT RI ke-79, Ini 5 Tips Dekorasi Gapura Bertemakan 17 Agustusan

“Perubahan warna atau tampilan lidah bisa menjadi pertanda awal adanya masalah kesehatan. Umumnya, lidah pada orang sehat berwarna merah muda dan diselimuti oleh nodul kecil atau papilla,” jelas dr. Cahyono dikutip dari Instagram @dr.cahyono.sp.

Oleh karena itu, memperhatikan perubahan ini bisa menjadi langkah awal dalam mendeteksi masalah kesehatan lebih awal dan mengambil tindakan preventif yang tepat.

Dengan memahami lebih dalam tentang gejala yang ditunjukkan oleh lidah, kita dapat lebih baik menjaga kesehatan secara menyeluruh dan menghindari masalah yang lebih serius di kemudian hari.

Dilansir dari Instagram @dr.cahyono.sp, berikut ini cara mendeteksi penyakit lewat perubahan warna lidah.

BACA JUGA:Atasi Rambut Rontok? Ini Tips dan Caranya Menggunakan Lidah Buaya

BACA JUGA:7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Ibu-ibu, Pasti Seru dan Lucu Nih

1. Lidah Warna Putih

Lapisan putih tebal pada lidah sering kali menjadi pertanda adanya masalah kesehatan seperti diabetes atau penurunan sistem kekebalan tubuh. 

Ketika lidah mengalami penumpukan lapisan putih yang tebal, ini dapat menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami ketidakseimbangan, terutama dalam hal kadar gula darah atau respons kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: