Puncak Roadshow IAPVC 2024, Taman Safari Bogor Perkuat Komitmen Cinta dan Lindungi Satwa Endemik

Puncak Roadshow IAPVC 2024, Taman Safari Bogor Perkuat Komitmen Cinta dan Lindungi Satwa Endemik

Puncak Roadshow International Animal Photo and Video Competition (IAPVC) 2024 -Dokumen Pribadi-

INFORADAR.ID - Taman Safari Indonesia mengadakan road show terakhir untuk kompetisi foto dan video satwa, yaitu International Animal Photo and Video Competition (IAPVC) 2024, di Taman Safari Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, pada hari Sabtu. Road show ini dilakukan setelah sebelumnya diadakan di Taman Safari Prigen dan Solo Safari.

Manajer Pemasaran Komunikasi Taman Safari Bogor, Danang Wibowo, menjelaskan bahwa IAPVC ke-33 yang diadakan dari tanggal 8 Juni hingga 25 Agustus 2024 merupakan bagian dari komitmen Taman Safari Indonesia untuk memberikan pengalaman rekreasi, edukasi, dan konservasi.

Menurutnya, sebagai lembaga yang berkomitmen pada pelestarian satwa liar dan pendidikan masyarakat, Taman Safari Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan penghargaan terhadap alam melalui berbagai inisiatif, termasuk kompetisi ini.

BACA JUGA:Promo Taman Safari Terbaru, Tiket Masuk Cuma Rp215 Ribu

BACA JUGA:Viral, Pria Paruh Baya Ini Ngaku Bisa Panggil Miliaran Malaikat

"Taman Safari Indonesia memperkenalkan kategori baru yaitu fhoto enthusiast yang ditujukan bagi peserta berusia 10-18 tahun. Kategori ini bertujuan untuk mendorong partisipasi generasi muda dalam upaya konservasi, menanamkan kecintaan dan kepedulian terhadap satwa sejak dini," ujar Danang.

Danang menjelaskan bahwa penyelenggaraan kompetisi ini adalah salah satu cara Taman Safari Indonesia untuk mendidik masyarakat dan menumbuhkan kepedulian mereka dalam melindungi satwa dan habitatnya.

Tingkat partisipasi fotografer dan videografer di ajang IAPVC tahun lalu mencapai 5.900 peserta dengan lebih dari 16.000 karya yang terdaftar. Taman Safari Indonesia menargetkan jumlah peserta tahun ini bisa meningkat, yaitu mencapai 7.000 hingga 8.000 peserta dan 17.000 hingga 20.000 karya yang didaftarkan.

Taman Safari Indonesia sangat bangga menyelenggarakan IAPVC ini sebagai bentuk komitmen kami dalam rekreasi, edukasi, dan konservasi.

BACA JUGA:Salurkan CSR, Taman Safari Bogor Santuni 320 Anak Yatim di Desa Cibeurem Kecamatan Cisarua

BACA JUGA:Contoh Teks MC Upacara 17 Agustus 2024 Dalam Rangka HUT RI ke-79

Sebagai lembaga yang berkomitmen untuk melestarikan satwa liar dan mendidik masyarakat, Taman Safari Indonesia terus berupaya meningkatkan penghargaan terhadap alam melalui berbagai inisiatif, termasuk kompetisi ini.

Taman Safari Indonesia juga memperkenalkan kategori baru, yaitu ‘Photo Enthusiast,’ yang ditujukan untuk peserta berusia 10-18 tahun. Kategori ini bertujuan untuk mendorong partisipasi generasi muda dalam upaya konservasi serta menanamkan kecintaan dan kepedulian terhadap satwa sejak dini.

Kategori kompetisi terdiri dari beberapa jenis, yaitu kategori Satwa Endemik untuk memamerkan keanekaragaman hayati satwa yang hanya ada di Indonesia, kategori Umum untuk menampilkan berbagai jenis satwa liar dari seluruh dunia, dan kategori Media Sosial yang terbuka untuk semua kalangan, tidak hanya untuk fotografer profesional.

Semua orang dapat berpartisipasi dan membagikan karya mereka di platform media sosial. Peserta diundang untuk mengirimkan foto dan video terbaik tentang satwa liar, yang menangkap keindahan dan esensi kehidupan hewan di dalam taman.

BACA JUGA:Founder Taman Safari Indonesia Menjadi Dosen Tamu di IPB, Bahas Konservasi dan Perubahan Iklim

BACA JUGA:Ide Dekorasi 17 Agustus yang Unik dari Bahan Sederhana dan Mudah Didapat

"Kami sangat bersemangat untuk melihat bakat dan semangat luar biasa yang dibawa oleh para peserta setiap tahun. Ini bukan hanya tentang menangkap gambar yang menakjubkan; ini tentang meningkatkan kesadaran akan konservasi satwa liar dan menginspirasi orang lain untuk menghargai dan melindungi dunia alam kita,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Lies Yuwati, Minggu (28/7/2024).

Kompetisi IAPVC ini terbuka untuk fotografer dan videografer dari segala tingkat keahlian. Hasil foto akan dinilai oleh panel fotografer dan konservasionis terkemuka, Jajaran juri kompetisi IAPVC 2024 diisi oleh tokoh-tokoh ternama dalam bidang fotografi: Arbain Rambey, fotografer senior yang dikenal atas karya-karya jurnalistik dan dokumenternya; Regina Safri, fotografer profesional dengan pengalaman luas dalam memotret satwa liar dan alam; Alexander ‘Amrazing’ Thian, travel blogger dan fotografer terkenal yang kerap membagikan kisah petualangannya melalui media sosial; Adam Zagr, fotografer dan perwakilan dari Canon Datascrip serta Agus Santoso, Board Member Taman Safari Indonesia Group.

Taman Safari Indonesia adalah taman rekreasi bertema dan situs konservasi kelas dunia yang terletak di enam lokasi serta empat resor di seluruh Indonesia. Taman ini memiliki lebih dari 9.325 satwa dari 409 spesies dan menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya. Sejak tahun 1980, Taman Safari Indonesia telah berperan penting dalam menyelamatkan, merehabilitasi, dan melepaskan ribuan satwa kembali ke alam liar.

Sebagai hasilnya, Taman Safari Indonesia telah menjadi organisasi konservasi terkemuka di dunia untuk satwa liar endemik Indonesia dan spesies yang terancam punah.

BACA JUGA:Yuk Liburan ke Taman Safari Bogor, Coba Sensasi Feeding Lion: Memberi Makan Singa dari Dekat, Berani Gak?

BACA JUGA:7 Ide Bentuk Tumpeng untuk Lomba Kreasi Tumpeng 17 Agustus, Unik dan Kreatif

Taman Safari Indonesia telah meraih empat sertifikasi internasional dan 20 penghargaan, baik nasional maupun internasional, atas upayanya di bidang konservasi dan pariwisata.

Perjalanan Taman Safari Indonesia dimulai dengan pembukaan area konservasi satwa liar yang pertama, yaitu The Great Taman Safari Bogor, di Cisarua, Bogor, pada bulan April 1986. Seiring waktu, Taman Safari Indonesia semakin berkembang dengan mendirikan The Grand Taman Safari Indonesia Prigen di Pasuruan, Jawa Timur, pada bulan Desember 1997.

Keberhasilan dua area konservasi ini menginspirasi Taman Safari Indonesia untuk menciptakan lokasi tambahan, seperti The Amazing Taman Safari Bali, The Funtastic Beach Safari di Batang, Jawa Tengah, Jakarta Aquarium & Safari, Solo Safari, dan yang terbaru, Varuna Bali.

Taman Safari Indonesia juga memiliki beberapa hotel dan resor, seperti Royal Safari Garden, Safari Resort, Baobab Safari Resort, Mara River Safari Lodge, dan Gerai Souvenir Safari Wonders. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: