Kehilangan Motivasi Belajar? 6 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Kehilangan Motivasi Belajar? 6 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Ilustrasi seseorang yang kehilangan motivasi belajar.-pinterest-

INFORADAR.ID - Ketika sedang belajar, perlu bagi kita untuk mempertahankan motivasi dan produktivitas. Namun, ada kalanya kita merasa malas, tidak semangat atau kehilangan motivasi untuk belajar.

Kehilangan motivasi belajar dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kelelahan, kondisi badan kurang fit hingga kurangnya minat terhadap materi yang dipelajari.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga motivasi dan mengatasi rasa malas saat belajar.

 

1. Menentukan Gaya Belajar

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, untuk meningkatkan motivasi belajar, kamu bisa menentukan gaya belajar yang cocok. Ada 3 gaya belajar yang bisa kamu coba, yaitu visual,  auditori dan kinestetik. Dengan mengetahui gaya belajar yang cocok, kamu bisa menyesuaikan diri dengan materi yang akan kamu pelajari.

 

2. Menghindari Distraksi

Distraksi adalah gangguan ketika sedang fokus pada satu kegiatan. Distraksi saat belajar bisa menjadi penghambat kita saat belajar, beberapa distraksi yang mungkin terjadi saat belajar adalah terlalu asyik bermain ponsel. Untuk mengatasinya kamu bisa mematikan notifikasi ponsel dan menjauhkannya ketika sedang belajar.

 

3. Mencari Suasana Baru

Mencari tempat nyaman dapat membantu fokus belajar. Menentukan suasana belajar juga berpengaruh terhadap suasana hati, sehingga dapat meningkatkan motivasi kamu untuk belajar.

 

4. Beristirahat Sejenak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: