Kehilangan Motivasi Belajar? 6 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Kehilangan Motivasi Belajar? 6 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

Ilustrasi seseorang yang kehilangan motivasi belajar.-pinterest-

Tidak ada salahnya kita untuk mempertahankan semangat belajar, tetapi jangan lupa untuk tetap beristirahat. Kita perlu bahwa otak juga perlu beristirahat setelah menerima banyak informasi baru. Istirahat yang cukup dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat. Agar kamu bisa tetap mempertahankan motivasi saat belajar, cobalah meluangkan waktu selama beberapa menit untuk menenangkan pikiran. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar teras rumah sambil menghirup udara segar, mendengarkan musik favorit atau makan-makanan favoritmu.

 

5. Mencari Teman Belajar

Seringkali kita bosan dan malas ketika belajar sendirian, mencari teman belajar bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi belajar. Belajar dengan sistem diskusi membuatmu lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Namun, belajar bersama teman juga memiliki kekurangan dan malah membuat belajar menjadi tidak efektif karena waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar terlalu banyak digunakan untuk mengobrol atau bermain.

 

6. Memberikan Penghargaan Kepada Diri Sendiri

Memberikan diri sendiri penghargaan setelah berhasil menyelesaikan belajar sesuai dengan yang sudah ditargetkan. Penghargaan ini tidak harus sesuatu yang besar, tetapi bisa berupa hal-hal kecil seperti menonton film, membeli makanan kesukaan, atau meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu sukai. Penghargaan tidak hanya menjadi bentuk apresiasi atas usaha kamu, tetapi juga menjadi tambahan motivasi agar terus semangat belajar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: