Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan Orangtua Ketika Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah

Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan Orangtua Ketika Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah

Hal yang Harus Dipersiapkan Orangtua saat Anak Baru Memasukki Masa Sekolah -dokumentasi pribadi-

INFORADAR.ID - Dalam masa perkembangan anak tentunya orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya terutama untuk mempersiapkan pendidikan yang baik bagi anaknya. Hal ini menyebabkan banyak orang tua yang cemas ketika anak akan memasukki masa sekolah, terkadang banyak orangtua yang bertanya-tanya sudah siapkah si kecil dengan lingkungan barunya nanti? Atau bisakah ia mengikuti pembelajaran yang diberikan?. 

Tidak perlu khawatir karena hal tersebut normal untuk terjadi. Namun, terkadang si kecil harus menghadapi masa transisi yang menegangkan dan tidak mudah baginya. Jadi, sebagai orang tua kamu harus ingat bahwa si kecil tidak bisa mengontrol pengalaman dan peristiwa baru yang mereka alami di masa sekolah nanti. Sehingga kamu hanya perlu merespon dengan mempersiapkan segala keperluan anak sebelum mereka masuk sekolah. Maka terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan orangtua dalam mempersiapkan anak untuk mulai masuk sekolah, yuk simak apa saja! 

1. Memastikan Asupan Nutrisi Terpenuhi dan Mempersiapkan Bekal dari Rumah 

Untuk mendukung nutrisi anak terpenuhi dengan baik kamu dapat menyiapkan sarapan dengan makanan yang bergizi seimbang dan untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya kamu dapat menyiapkan susu yang tinggi vitamin dan mineral sebelum ia berangkat sekolah. Dengan menyiapkan makanan yang bergizi untuk anak hal ini dapat membuat anak bersemangat dalam memulai harinya dan membuatnya lebih berkonsentrasi dalam menyimak pembelajaran di kelas. 

2. Mempersiapkan Kebutuhan Hari Pertama Sekolahnya 

Kamu bisa mulai mempersiapkan seluruh keperluan anak sebelum mulai sekolah dari 1-2 minggu dari sekarang. Misalnya kamu bisa mengajarkan si kecil untuk bangun pagi, lalu mandi dan menggunakan seragam sekolah, sarapan, menggunakan sepatu hingga mengajaknya bermain permainan yang mengasah otak. Dengan melakukan hal tersebut anak akan mulai terbiasa dan membuatnya tidak kaget ketika melakukan rutinitas ini selama hari-hari sekolah. 

3. Mengunjungi Sekolah Si Kecil Sesekali 

Kamu bisa mempersiapkan mental si kecil untuk mulai masuk sekolah dengan sesekali mengajaknya mengunjungi sekolah yang akan dimasukki si kecil, mengajak si kecil melihat-lihat bagaimana kondisi kelasnya, mainan-mainannya, tempat bermain, toilet, dan lainnya. Kamu juga dapat memperkenalkan si kecil dengan calon guru yang akan mengajarnya dan buat si kecil merasa nyaman dengan menyampaikan hal-hal menyenangkan tentang sekolahnya. 

4. Ajari Si Kecil Bersosialisasi untuk Mendapatkan Teman Baru 

Supaya si kecil tidak merasa malu dan canggung saat pertama kali bertemu dengan teman-temannya dan calon gurunya kamu dapat memperkenalkannta dengan orang-orang yang berada di lingkungan sekolah. Misalnya dapat dimulai dengan memperkenalkan anak untuk menyebutkan namanya dan menanyakan nama lawan bicaranya sambil mengulurkan tangan kepada anak yang akan menjadi temannya. Kamu juga bisa mulai mengingatkan anak untuk tersenyum kepada siapa saja dan membuat pandangan si kecil fokus pada orang yang sedang berbicara untuk memunculkan rasa empati dalam dirinya. 

5. Mengajak Si Kecil Menceritakan Pengalamannya Saat Pertama Masuk Sekolah 

Kamu dapat mulai membangun komunikasi dengan si kecil ketika hari pertama ia memasukki sekolah karena saat-saat tersebut adalah saat yang terbaik untuk membuat si kecil lebih terbuka dengan pengalaman yang ia alami serta membuatnya merasa dihargai dan didengar. Kamu bisa mengajaknya untuk makan bersama ketika pulang sekolah, mulailah menanyakan hal-hal terkait apa saja yang ia telah lakukan di sekolah. Ketika masa pertama sekolah mungkin saja si kecil mengalami pengalaman buruk sehingga membuatnya menangis. Namun, jangan fokus pada hal buruk tersebut, kamu bisa mengapresiasinya untuk hal baik yang telah ia lakukan di sekolah. 

Itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan orangtua ketika anak mulai masuk sekolah, semoga informasi ini dapat bermanfaat untukmu dalam mempersiapkan masa pertama si kecil bersekolah. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: