7 Kebiasaan yang Tidak Disengaja Ini Ternyata Bisa Merusak Kualitas Tidur, Ternyata Ini

7 Kebiasaan yang Tidak Disengaja Ini Ternyata Bisa Merusak Kualitas Tidur, Ternyata Ini

Ilustrasi: 7 Kebiasaan yang tidak disengaja yang bisa merusak kualitas tidur-Pixabay.com-Sammi-Sander

BACA JUGA:Apa Arti FOMO? Yuk Cari Tahu Arti dan Awal Mula Munculnya Bahasa Gaul Ini

2.Mengejar ketertinggalan tidur selama akhir pekan

Tidur lebih lama di akhir pekan dapat menggantikan sebagian dari tidur yang hilang, tetapi terlalu banyak dapat mengacaukan siklus tidur tubuh kamu. Jika kamu tetap di tempat tidur sampai tengah hari pada hari Minggu, kamu akan berguling-guling saat merangkak di tempat tidur malam itu.

3.Memeriksa media sosial tepat sebelum tidur

Tubuh kamu memiliki ritme sirkadian yang menentukan kapan harus tidur dan bangun. Siklus ini secara alami berlangsung sekitar 24 jam, dan otak menggunakan cahaya untuk mengetahui apakah kamu  harus terjaga. Cahaya terang digunakan sebagai isyarat waktu yang sangat kuat untuk memengaruhi otak agar percaya bahwa ini adalah waktu tertentu dalam sehari.

4.Membaca di tempat tidur agar tertidur

Jangan heran jika kamu kesulitan untuk tertidur, bahkan setelah mencoba menenangkan diri dengan membaca buku. Melakukan aktivitas seperti membaca atau menonton TV di tempat tidur dapat membuat tubuh kamu tidak menyadari bahwa sudah waktunya untuk tidur.

5.Menyikat gigi tepat sebelum tidur

Kita semua pernah mengalaminya kamu hampir tidak bisa membuka mata di sofa, jadi kamu bersiap untuk tidur. Namun, setelah menggosok gigi, kamu merasa segar kembali.

6.Berolahraga di malam hari

Aktivitas fisik dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari jika kamu melakukannya dengan tepat. Meskipun olahraga umumnya membantu meningkatkan tidur nyenyak, pergi ke pusat kebugaran sebelum tidur dapat membuat kamu tetap terjaga. Olahraga berat sebelum tidur dapat menjadi kontraproduktif karena endorfin tersebut dapat bertahan dalam sistem tubuh.

7.Mendapatkan kopi dengan camilan sore hari

Kafein termasuk dari teh dan soda bertahan dalam sistem tubuh kamu lebih lama dari yang kamu kira. Bahkan meminumnya dalam waktu empat jam sebelum tidur dapat membuat kamu terjaga di malam hari. Secangkir kopi dengan hidangan penutup mungkin tidak mengganggu semua orang, tetapi tubuh beberapa orang memetabolisme kafein lebih lambat.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa merusak kualitas tidur yang tidak sengaja kamu lakukan yang harus kamu tahu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: