Niat Puasa 1 Muharram Lengkap dengan Bacaan Latin dan Terjemahnya, Cek Hukum Puasa dan Tanggal Pelaksanaannya

Niat Puasa 1 Muharram Lengkap dengan Bacaan Latin dan Terjemahnya, Cek Hukum Puasa dan Tanggal Pelaksanaannya

Ilustrasi: Niat puasa 1 Muharram lengkap dengan bacaan latin dan terjemahnya, cek juga hukum dan tanggal pelaksanaan puasa-Freepik.com-gratispik

INFORADAR.ID- Inilah niat puasa 1 muharram yang harus kamu tahu lengkap dengan bacaan latin dan terjemahnya, selain niat kamu juga harus tahu hukum puasa dan tanggal pelaksanaannya di bulan muharram ini.

Puasa Muharram adalah puasa yang dilakukan pada bulan Muharram. Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Hijriah.

Agar pelaksanaan puasa Muharram dapat efektif dan tuntas, maka perlu membaca niat puasa pertama Muharram dengan baik yang benar.

BACA JUGA:5 Weton Ini yang Jadi Incaran Sengkolo di Malam 1 Suro Menurut Primbon Jawa: Hati Hati yang Punya Weton Ini

BACA JUGA:7 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Toxic, Ini yang Akan Terjadi

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa menjalankan puasa Muharram lebih utama dari puasa Syaban.

Meskipun Nabi Muhammad sendiri sering berpuasa pada bulan Syaban, namun beliau menyatakan puasa pada bulan ini sebagai amalan yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Puasa 1 Muharram Tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2024. Jadi, jika kamu ingin berpuasa pada tanggal 1 Muharram, kamu bisa berpuasa pada hari Senin minggu depan di bulan Juli 2024.

BACA JUGA:Tanggal Berapa Malam 1 Suro 2024? Yuk Catat Tanggal, Mitos dan Larangannya

BACA JUGA:7 Penyakit Serius Ini yang Lebih Banyak Menyerang Wanita Dibanding Pria, Jangan Diabaikan!

Sedangkan lamanya puasa Muharram dapat dihitung dari tanggal-tanggal penting bulan Muharram. Ada beberapa tanggal penting puasa Sunnah Muharram yaitu puasa Tasu'a pada hari ke 9 Muharram, kemudian puasa Asyura pada hari ke 10 Muharram, dan puasa Ayyamul Bidh pada hari ke 11 Muharram.

Oleh karena itu, jika dijumlahkan dengan puasa 1 Muharram, maka totalnya terdapat 4 hari puasa sunnah di bulan Muharram.

Hukum tentang puasa pada 1 Muharram

BACA JUGA:Puasa 1 Muharram 2024 Jatuh pada Tanggal Berapa? Yuk Catat Tanggal dan Amalan Puasanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: