6 Tips untuk Menghindari Sembelit Saat Bepergian, Ikuti Langkah Langkah Ini

6 Tips untuk Menghindari Sembelit Saat Bepergian, Ikuti Langkah Langkah Ini

Ilustrasi: Tips menghindari sembelit saat bepergian-Freepik.com-gratispik

BACA JUGA:7 Penyakit Serius Ini yang Lebih Banyak Menyerang Wanita Dibanding Pria, Jangan Diabaikan!

Olahraga meningkatkan motilitas saluran gastrointestinal (GI). Itulah sebabnya istirahat di tempat tidur rumah sakit menyebabkan sembelit kamu jauh lebih sedikit bergerak dari biasanya. Jalan-jalanlah di pagi hari untuk melakukan sedikit aktivitas saat kamu bepergian, terutama jika kamu berada di pantai atau danau yang tidak banyak dikunjungi wisatawan.

2. Jangan duduk dalam waktu lama

Sangat menggoda untuk tidak berhenti selama perjalanan mobil selama enam jam agar kamu dapat tiba di tempat tujuan lebih cepat. Namun, tidak bergerak dalam waktu lama dapat membuat usus kamu stres. Jadi, untuk itu kamu harus sering berhenti sejenak untuk meregangkan kaki, minum air, dan memberi diri kamu waktu untuk menggunakan kamar mandi jika kamu membutuhkannya.

3. Makan buah saat sarapan

Serat membantu mengatasi sembelit saat bepergian dengan menambah tinja, sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Jika kamu menikmati hidangan liburan yang lezat, kamu mungkin lupa untuk memasukkannya. Namun, penurunan yang tiba-tiba ini dapat menyumbat saluran pencernaan, terutama jika kamu terbiasa makan oatmeal untuk sarapan dan salad saat makan siang. Berkomitmenlah untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap kali makan, ditambah satu atau dua camilan buah segar, untuk menjaga asupan serat tetap memadai.

4. Temukan rutinitas

Jika kamu biasanya sarapan pada pukul 7:30 pagi, tetapi menunggu hingga pukul 10:30 pagi saat berlibur, kamu akan mengalami sembelit. Perut kamu membesar setelah makan, yang mengirimkan respons ke usus besar untuk membuang tinja lama. Jadi perubahan drastis dalam rutinitas makan kamu dapat mengganggu jadwal buang air besar kamu yang biasa. Tidur dan bangun sedekat mungkin dengan waktu kamu di rumah juga dapat membantu menjaga ritme sirkadian yang membantu mengatur hormon yang berperan dalam pencernaan.

5. Minum

Dehidrasi merupakan faktor risiko sembelit, jadi pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak air dari biasanya, terutama jika kamu bepergian ke tempat yang lebih panas atau lebih kering daripada kondisi di rumah. Air juga membantu serat agar lebih efektif dalam menormalkan gerakan usus kamu.

6. Jadwalkan waktu istirahat untuk kamar mandi

Mengabaikan keinginan untuk buang air misalnya, karena kamu sedang mengantre atau merasa aneh menggunakan toilet yang tidak dikenal kadang-kadang dapat menyebabkan sembelit. Jika kamu tahu kapan biasanya perlu ke kamar mandi, cobalah untuk merencanakan ke depan agar berada di dekat tempat yang membuat kamu merasa lebih nyaman untuk singgah.

Itulah beberapa tips menghindari sembelit ketika bepergian jauh maupun dekat yang harus kamu tahu, supaya perjalanan kamu nyaman kamu bisa ikuti tips-tips ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: