Kapan Lebaran Anak Yatim 2024? Catat Tanggal, Tradisi dan Cara Merayakannya

Kapan Lebaran Anak Yatim 2024? Catat Tanggal, Tradisi dan Cara Merayakannya

Ilustrasi: Kapan lebaran anak yatim 2024?-Freepik-gratispik

INFORADAR.ID- Lebaran anak yatim biasanya diperingati setiap tanggal 10 bulan Muharram 2024 akan bertepatan Rabu, 17 Juli 2024.

Perayaan ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan Tahun Baru Islam, perayaan tanggal 10 Muharram yang biasa disebut lebaran anak yatim sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat  Indonesia.

Tahun Baru Islam atau bulan Muharram jatuh pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2024. Pemerintah Indonesia menetapkan hari ini sebagai hari libur nasional yang ditetapkan melalui surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri.

BACA JUGA:Fenomena Banyak yang Menikah Setelah Lebaran Idul Adha, 4 Keahlian Ini Harus Dimiliki Catin Sebelum Nikah

BACA JUGA:Ada Info Lowongan Kerja Terbaru dari PT Home Center Indonesia Serang untuk Lulusan S1 dan D3: Cek Syaratnya

Lebaran anak yatim adalah hari raya yang diadakan pada tanggal 10 Muharram oleh masyarakat  yang sering menyantuni anak yatim timbul melalui adat dan tradisi. Lebaran ini biasanya dirayakan sebagai sebuah tradisi oleh masyarakat Indonesia.

Tradisi ini diketahui kerap dirayakan masyarakat Indonesia dari berbagai daerah. Tradisi lebaran ini di beberapa daerah biasanya diisi dengan berbagai jenis kegiatan.

Di kalangan masyarakat Betawi misalnya, anak-anak yatim yang datang ke rumah atau menjenguknya kerap diberi bingkisan, uang, atau mengusap kepala.

BACA JUGA:Daftar SMP Negeri dengan Akreditasi A di Kota Cilegon, Cek Alamat dan Info Lengkap Sekolahnya di Sini

BACA JUGA:PT Rama Indonesia Buka Info Lowongan Kerja untuk Penempatan Serang: Diutamakan Laki Laki

Masyarakat Betawi biasanya mengajak anak-anak yatim untuk jalan-jalan keliling desanya atau mengunjungi satu per satu anak yatim di lingkungannya secara langsung.

Hingga saat ini, kegiatan-kegiatan tersebut banyak dilakukan dalam rangka merayakan lebaran bagi anak yatim setiap tanggal 10 bulan Muharram.

Namun kegiatan tersebut kini  banyak dilakukan melalui koordinasi dengan pimpinan yayasan, masjid, jamaah takrim, dan lembaga lainnya.

BACA JUGA:Universtas Ahmad Dahlan (UAD) Buka Beasiswa Kedokteran Gratis Sampai Lulus Kuliah: Ini Jadwal dan Syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: