Drama Puncak di Wembley: Final Liga Champions UEFA Siap Gegerkan London!

Drama Puncak di Wembley: Final Liga Champions UEFA Siap Gegerkan London!

Final Liga Champions [email protected]

INFORADAR.ID - Final Liga Champions UEFA tahun ini akan digelar pada Sabtu, 1 Juni, di Stadion Wembley, London. Ini merupakan musim ke-69 dari kompetisi klub elite Eropa, dan ke-32 sejak namanya berubah menjadi Liga Champions UEFA.

Borussia Dortmund adalah tim pertama yang memastikan tempat di final Liga Champions setelah menang agregat 2-0 melawan Paris Saint-Germain.

Mereka akan bertanding melawan Real Madrid, yang sudah mengantongi 14 gelar juara Liga Champions, setelah lolos dengan kemenangan dramatis agregat 4-3 atas Bayern München.

Pertandingan puncak sepak bola klub Eropa ini kembali digelar di London untuk kedelapan kalinya, dan ketiga kalinya di era Liga Champions UEFA, setelah final tahun 2011 dan 2013.

BACA JUGA:Pantes Ngebet, Ternyata Ini Rincian Hadiah Liga Champions

Wembley telah mengalami perubahan besar sejak terakhir kali menjadi tuan rumah final Piala Klub Juara Eropa pada tahun 1992.

Stadion ikonik ini sekarang memiliki kapasitas sekitar 90.000 tempat duduk, dilengkapi dengan lengkungan raksasa yang menjadi ciri khasnya sejak dibuka kembali pada tahun 2007.

Selain menjadi markas tim nasional Inggris, Wembley juga rutin menjadi tuan rumah final piala domestik utama negara tersebut.

Stadion Wembley juga menjadi saksi beberapa momen penting, termasuk tiga pertandingan Grup D Inggris di UEFA EURO 2020, dua pertandingan babak 16 besar, kedua semifinal, dan final.

Sayangnya, Inggris harus kalah lewat adu penalti melawan Italia di final tersebut. Namun, di UEFA Women's EURO 2022, tim wanita Inggris berhasil meraih kemenangan bersejarah dengan mengalahkan Jerman 2-1 setelah perpanjangan waktu.

Ngomong-ngomong soal perpanjangan waktu dan penalti, kalau di final Liga Champions nanti skornya imbang sampai waktu normal habis, bakal ada dua kali 15 menit perpanjangan waktu. Kalau masih imbang juga, baru deh ditentukan lewat adu penalti.

BACA JUGA:Klub yang Paling Banyak Menang di Liga Champions

Slavko Vinčić dari Slovenia akan menjadi wasit final kali ini. Ini adalah final kompetisi klub UEFA kedua baginya, setelah sebelumnya memimpin final Liga Europa UEFA 2022 antara Eintracht Frankfurt dan Rangers.

Oh ya, dikutip dari laman resmi UEFA, trofi Liga Champions UEFA yang diperebutkan itu punya tinggi 73,5 cm dan berat 7,5 kg. Penciptanya, Jürg Stadelmann, bilang, "Mungkin ini bukan karya seni yang indah, tapi semua orang di dunia sepak bola ingin memilikinya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: uefa.com