Tips Mengenali Oli Palsu Sebelum Membeli

Tips Mengenali Oli Palsu Sebelum Membeli

ilustrasi tips mengenali oli palsu.-Tim Mossholder-unsplash.com

INFORADAR.ID - Pentingnya menggunakan oli berkualitas tinggi untuk menjaga performa mesin kendaraan. Namun, perlu diperhatikan peredaran minyak palsu di pasaran saat ini. 

Oli palsu dengan cepat merusak mesin dan mungkin tidak memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh produsen oli. 

Oleh karena itu, penting untuk membedakan oli asli dan oli palsu sebelum membeli. Sekarang mari kita lihat beberapa ciri penting yang dapat dipertimbangkan untuk membedakan antara oli asli dan palsu! 

Melansir laman Astra, oli palsu akan memberikan masalah serius yang dapat berdampak negatif pada mesin kendaraan. Penting untuk memahami mengapa oli palsu berbahaya dan mengapa Anda harus menghindarinya.

BACA JUGA:Rekomendasi 7 Motor Listrik Sporty, Dijamin Gak Nyesel Beli

Sebab, oli palsu berkualitas buruk dapat menyebabkan gesekan dan keausan yang berlebihan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan mesin yang serius. 

Selain itu, oli palsu tidak memiliki sifat pelumas yang efektif atau kapasitas pendinginan yang baik, sehingga mesin tidak dapat bekerja secara maksimal.

Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya tenaga, konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, dan penurunan performa kendaraan secara keseluruhan.

Terlebih, oli palsu juga tidak memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh produsen oli. Oli palsu sering kali diproduksi oleh orang yang tidak jujur dan tidak mematuhi proses dan bahan yang tepat. 

Artinya, oli palsu tidak memiliki keaslian dan keakuratan formulasi yang diperlukan untuk melindungi mesin dengan baik. Menggunakan jenis oli yang salah meningkatkan risiko kerusakan mesin. 

BACA JUGA:Menghadapi Musim Hujan, Inilah Tips Merawat Sepeda Motor

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah mengenali label asli, merek, dan cap pengaman botol.

Kemasan dan labelnya terlihat sangat profesional karena oli asli biasanya diproduksi oleh produsen oli resmi. 

Perhatikan juga warna dan bau minyaknya. Minyak asli memiliki warna yang khas, seperti kekuningan atau kecoklatan, sedangkan minyak palsu memiliki warna yang berbeda dan biasanya kusam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: astra