Keren, Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertama dari Asia Tenggara dalam World Water Forum (WWF) Ke-10

Keren, Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertama dari Asia Tenggara dalam World Water Forum (WWF) Ke-10

Potret suasana Bali yang akan menjadi tuan rumah WWF ke-10 di Indonesia.-freepik/@tawatchai07-

INFORADAR.ID – Berikut merupakan fakta menarik tentang Indonesia yang menjadi tuan rumah pertama dari seluruh negera yang ada di Asia Tenggara dalam acara World Water Forum (WWF) di tahun 2024. 

World Water Forum merupakan pertemuan internasional yang membahas terkait isu-isu air secara mengglobal bersama para pemuka yang berkepentingan dari berbagai negara.

Kegiatan WWF ini diadakan oleh World Water Council yang diampingi bersama tuan rumah yang terpilih yang diselenggarakan pertiga tahun. 

Kegiatan WWF ini berawal dari taun 1997 di Marrakesh, Maroko dengan mengangkat tema ‘Vision for Water, Life and Environment’ dan terakhir kali digelar pada tahun 2022 WWF ke-9  di Dakar, Senegal yang mengusung tema ‘ Water Security for Peace and Development’.

Pada tahun 2024 ini, Indonesia resmi terpilih sebagai negara penyelenggara World Water Forum  ke-10 yang pertama kali digelar di Asia Tenggara yang akan belangsung pad 18-25 Mei 2024 yang bertempatkan di Bali dengan mengusung tema ‘Water for Shared Prosperity’. 

BACA JUGA:Indonesia Jadi Tuan Rumah, Ini Jadwal Lengkap MotoGP Indonesia 2024

Mengetahui hal itu, berikut merupakan 5 fakta menarik WWF ke-10 yang akan digelar di Indonesia sebgaimana yang dilansir dari instagram resmi Kementrian Paruwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) @Kemenparekraf.ri, sebagaimana berikut ini:

1. Untuk menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 Tahun 2024, Bali bersaing dengan Roma-Italia, dan terpilih setelah mendapat 30 dari 36 suara dalam pemilihan.

2. Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum. Ini membuktikan bahwa Indonesia mendapat kepercayaan masyarakat internasional terhadap kepemimpinan dan komitmen Indonesia dalam isu-isu lingkungan.

3. World Water Forum bukan sekadar konferensi, tetapi juga meliputi 3 tahun fase persiapan (preparatory phase), satu minggu acara (event phase). dan penyampaian hasil kegiatan (synthesis phase) dengan dukungan berbagai pihak untuk mewujudkan aksi bersama (collective action).

4. Masyarakat umum dapat berpartisipasi pada konferensi ini, yakni dengan menjadi peserta pameran serta mengikuti workshop berbagi ide dan gagasan tentang solusi pengelolaan air berkelanjutan. Masyarakat yang ingin berkontribusi langsung dapat registrasi melalui website https: worldwaterforum.org. 

5. Selain sebagai tuan rumah, Indonesia juga aktif berbagi ide untuk pengelolaan sumber daya air kepada negara lain yang terlibat. Indonesia mengusulkan 3 hal dalam Ministerial Declaration, yaitu Pusat Keunggulan untuk Ketahanan Air dan Iklim; Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu untuk Pulau-Pulau Kecil; dan Hari Danau Sedunia sebagai resolusi baru PBB.

Nah itulah merupakan fakta menarik Indonesia yang menjadi tuan rumah dari kegiatan internasional World Water Forum, WWF ke-10 di Bali yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024.(*)

BACA JUGA:5 Negara Paling Santai di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk Negara Paling Santai di Dunia? Yuk Cek Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: