8 Titik Lokasi Posko Mudik Lebaran di Kota Tangerang: Strategis dan Efektif

8 Titik Lokasi Posko Mudik Lebaran di Kota Tangerang: Strategis dan Efektif

Suasana mudik di Terminal Tipe A Poris Plawad. -doc pribadi/Angger Gita Rezha-

INFORADAR.ID - Seminggu jelang perayaan Idul Fitri 1445 hijriah, terminal Tipe A Poris Plawad, Kota Tangerang mulai dipadati pemudik dengan tujuan masing-masing yang berbeda.

Para pemudik  asal luar kota pun banyak memilih mudik lebih awal untuk menuju kampung halaman agar tidak mendapati kemacetan panjang seperti yang kerap kali terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Maman, salah seorang pemudik asal Kali Deres, Jakarta Barat mengatakan, alasannya memilih mudik bersama keluarganya lebih awal ke Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) karena untuk menghindari kemacetan arus lalulintas musim mudik lebaran 1445 hijriah.

"Saya memilih mudik lebih awal karena untuk menghindari kemacetan," ujarnya yang dilansir dari RADARBANTEN.CO.ID pada Rabu 3 April 2024.

Maman mengatakan, mudik kali ini merupakan yang pertama dilakukan pemberangkatan dari Terminal Tipe A Poris Plawad. Hal disebabkan karena lokasi pemberangkatan yang dekat dengan kediamannya.

BACA JUGA:Idul Fitri Tidak Lama Lagi, Terminal Poris Plawad Mulai Ramai Penumpang

"Sebelumnya saya mudik di Terminal Bus Pulo Gadung, karena lokasinya cukup jauh jadi saya memilih mudik berangkat dari Poris. Apalagi sekarang ada bus yang jurusan ke Bima," tambahnya.

Maman mengatakan, untuk tiket memperangkatan mudik tahun ini ke Bima dirinya harus merogoh kocek sebesar Rp 1,2 juta per orangnya. Harga tiket tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 300 ribu saat tidak musim mudik lebaran.

"Untuk harga tiket mudik saya beli saat itu Rp 1,2 juta per orangnya," tambahnya.

Pantauan langsung, para pemudik dari berbagai daerah mulai memadari terminal sejak siang hari. Selain membawa pakaian, para pemudik juga membawa barang barang untuk dibawa ke kampung halaman.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Polres Metro Tangerang Kota telah menyiapkan posko mudik yang bisa dimanfaatkan para pemudik yang melintasi Kota Tangerang. Tercatat, Dishub Kota Tangerang akan menyediakan delapan posko mudik lebaran 2024.

BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan Menjelang Mudik, KAI Sesuaikan Operasional Perjalanan dan Pelayanan Commuter Line Merak

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Achmad Suhaely menuturkan, Dishub Kota Tangerang telah menyiapkan delapan posko mudik di beberapa lokasi strategis yang tersebar di seluruh penjuru Kota Tangerang, terutama berada di sekitar jalan nasional yang merupakan jalur utama arah Jakarta-Serang.

Beberapa titik lokasi posko mudik tersebut, di antaranya di Terminal Tipe A Poris Plawad, CBD Ciledug, Kebon Besar, Robinson, Kebon Nanas, Tang City Mall, Alam Sutera Mall, dan Pertigaan Gajah Tunggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: