Antisipasi Kemacetan Menjelang Mudik, KAI Sesuaikan Operasional Perjalanan dan Pelayanan Commuter Line Merak

Antisipasi Kemacetan Menjelang Mudik, KAI Sesuaikan Operasional Perjalanan dan Pelayanan Commuter Line Merak

ilustrasi pelayanan kereta api (PT KAI)-doc pribadi/Yusuf Permana-

INFORADAR.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) melakukan penyesuaian dan rekayasa operasional kereta api dan lalu lintas angkutan darat di Kawasan pelabuhan penyebrangan Merak – Bakauheni.

Penyesuain iti merujuk kepada surat Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan No. AJ.201/2/19/DRJD/2024 Perihal Operasional Kereta Api di Stasiun Merak Pada Masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 (1445 H).

Pada Surat itu disebutkan bahwa PT KAI (Persero) dan PT ASDP Indonesia Fery (Persero) diminta menyiapkan langkah-langkah antisipasi penguraian kemacetan pada Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni khususnya pada kondisi peak season Angkutan Lebaran Tahun 2024 ini.

“Mulai 3 – 9 April 2024 atau atau H-7 hingga H-1 Lebaran, Stasiun Merak akan ditutup sementara untuk pelayanan naik dan turun pengguna Commuter Line Merak”, ujar Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam siaran persnya yang dilansir dari RADARBANTEN.CO.ID pada Selasa (02/04/24).

Menurutnya juga, pada periode tersebut, layanan Commuter Line Merak dari Stasiun Rangkasbitung perjalanannya hanya sampai Stasiun Cilegon untuk kembali menjadi perjalanan Stasiun Cilegon – Stasiun Rangkasbitung.

Untuk mobilisasi pengguna yang menuju ke Stasiun Merak dari Stasiun Cilegon akan disiapkan transportasi lanjutan. Jadwal dan kedatangan transportasi lanjutan tersebut akan disesuaikan dengan kedatangan dan keberangkatan Commuter Line Merak di Stasiun Cilegon.

BACA JUGA:Kelurahan Ciwaduk Bantu Promosikan Produk Pelaku UMKM Guna Lebih Berkembang

“Pada periode tersebut, jadwal pemberangkatan Commuter Line Merak dari Stasiun Rangkasbitung maupun dari Stasiun Cilegon tidak mengalami perubahan, tetap sama jadwalnya,” kata Anne.

Ia mengatakan, untuk jumlah perjalanan KA Lokal Merak tidak mengalami perubahan yaitu sebanyak 14 perjalanan tiap hari. Sebagai informasi, saat ini rata-rata volume pengguna Commuter Line Merak sebanyak 10 - 11 Ribu orang tiap harinya. 

Dalam pemesanan dan pembelian tiket Kereta Api Jarak Jauh-KA Lokal tersebut dapat melalui Aplikasi Access By KAI. Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan melalui aplikasi tersebut atau pembelian langsung di loket selama ketersediaan tiket masih ada.

Untuk pelayanan pengguna di Stasiun Cilegon, KAI Commuter akan menyiapkan fasilitas layanan tambahan serta menyiagakan petugas tambahan di area stasiun.

“KAI Commuter memohon maaf atas ketidaknyamanan terkait penyesuaian pola operasi pelayanan Commuter Line Merak ini, semoga tidak menyurutkan perjalanan para pemudik untuk tetap menggunakan kereta api," tutup Anne.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menambahkan, pihaknya mendukung kolaborasi ini dalam rangka menciptakan ketertiban dan kenyamanan pengguna kereta api pada relasi tersebut.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas perubahan layanan dalam kurun sementara ini. Dimohon agar pengguna kereta api dapat menyesuaikan rekayasa layanan tersebut," kata Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: