Cegah Kemacetan Menjelang Lebaran, Rute Kerata Api Batasi Sampai Cilegon Digantikan 30 Angkot dari ASDP

Cegah Kemacetan Menjelang Lebaran, Rute Kerata Api Batasi Sampai Cilegon Digantikan 30 Angkot dari ASDP

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Suharto saat dikonfirmasi layanan penumpang saat arus mudik lebaran di Pelabuhan Merak.-doc pribadi/Rajudin-

INFORADAR.ID - Rute kereta api ekonomi lokal dari Stasiun Rangkasbitung dengan tujuan akhir stasiun Merak, per 3 April 2024 hanya melayani penumpang sampai di Stasiun Cilegon. Kebijakan tersebut dilakukan untuk kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

Untuk memberi kelancaran dan kenyamanan, pihak ASDP Merak menyiapkan 30 unit angkutan kota (Angkot) untuk mengangkut penumpang dari stasiun kereta api Cilegon menuju Terminal Terpadu Merak (TTM). 

General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, sebagaimana yang dilansir dari RADARBANTEN.CO.ID pada Selasa (02/04/24), Suharto menyampaikan untuk melayani penumpang kapal di Merak. Pihaknya mengaku telah melakukan kerjasama dengan paguyuban sopir angkot di Kota Cilegon

"Dari kerjasama itu, disepakati untuk mengangkut penumpang dari stasiun kereta api Cilegon ke Terminal Terpadu Merak (TTM)," katanya saat ditemui usai rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, Senin (01/04/24).

Menurutnya,  melalui kerja sama itu lebih efektif dilakukan untuk mengangkut penumpang dibandingkan menggunakan bus. Lantaran, kondisi jalan di stasiun Cilegon sempit sehingga akan lebih lancar menggunakan angkot.

BACA JUGA:Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Online via Baznas

Ia menyatakan, bahwa layanan angkot itu dilakukan secara gratis dan sudah ditanggung oleh Asdp. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik agar tetap waspada dan hati-hati serta menjaga barang bawaannya agar selamat sampai tujuan masing-masing.

Senada dengan itu, Kepala Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo mengatakan, pemberhentian rute kereta api dari Rangkasbitung ke Stasiun Cilegon itu sesuai arahan Dirjen Perhubungan Darat kepada Direktur PT KAI dan Asdp bahwa angkutan dari Rangkasbitung ke Merak itu berhenti di Stasiun Cilegon.

Dirinya menjelaskan, pemberlakuan ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan dan mengoptimalisasi penataan kantong parkir di Pelabuhan Merak.

"Jadi untuk antisipasi kemacetan diperlukan langkah-langkah salah satunya mobilisasi penumpang dengan angkot yang disediakan," katanya.

Tri juga menyampaikan, bahwa penerapan tersebut mulai diberlakukan pada tanggal 3 April samai dengan 9 April 2024 atau H-7 menjelang lebaran idul fitri 1445 hijriah.

"Mulai tanggal 3 sampai 9 April nanti, Kereta Rangkasbitung hanya sampai stasiun Cilegon dan penumpang yang mau ke Merak nanti akan difasilitasi oleh Asdp gratis pakai angkot," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Himbauan dari BPBD Kabupaten Serang Kepada Mayarakat untuk Mencabut Perangkat Elektronik Sebelum Mudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: